28 Tujuan Wisata di Danau Toba Siap Jadi Destinasi Berkelas Dunia

Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.
Sumber :

VIVA – Presiden Joko Widodo menyebutkan, ada 28 destinasi wisata di Danau Toba, Sumatera Utara, yang siap dijadikan sebagai destinasi berkelas dunia. 

Dalam kunjungannya ke kawasan Danau Toba, Jokowi mengatakan, untuk menjadikan danau vulkanis terbesar se-Asia Tenggara itu dibutuhkan perencanaan pengelolaan yang benar-benar berkelas. 

"Ke sini dalam rangka perencanaan pengelolaan Danau Toba sebagai sebuah destinasi wisata yang benar-benar berkelas. Tapi memang produk di sini harus diperbaiki. Brand-nya harus diangkat sehingga benar-benar menjadi sebuah tempat yang wajib untuk dikunjungi," kata Jokowi di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Senin, 29 Juli 2019. 

Menurut Jokowi, destinasi yang ada di Danau Toba memiliki latar belakang yang beragam. Seperti destinasi yang menyuguhkan dari segi sejarah, budaya hingga keindahan alam. "Ternyata tempatnya setelah sekian waktu kita lihat secara detail ada 28 destinasi yang ada di sini yang benar-benar seperti ini," ujar Jokowi. 

Namun, Jokowi menuturkan, untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas dunia dibutuhkan investasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang nilainya tak sedikit. 

"Ini membutuhkan investasi besar. Membutuhkan APBN juga sehingga kombinasi APBN dan investasi itu, saya kira bisa menggerakkan benar-benar secara terintegrasi Danau Toba sebagai sebuah destinasi wisata yang benar-benar memiliki kelas," ujar Jokowi. 

Sebelumnya, Presiden menampilkan keindahan Danau Toba dalam akun Twitter @jokowi. "Tiba di Bandar Udara Internasional Silangit sore ini untuk kunjungan kerja di Sumatera Utara," tulis Jokowi dalam akunnya yang diunggah 29 Juli 2019 pukul 18.40 WIB. 

Presiden dan Ibu Negara Iriana, bertolak dari Jakarta melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dalam akun twitter pribadinya tersebut tampak Presiden dan Ibu Negara asyik berdiri di tepi, dengan pemandangan Danau Toba.

"Dari bandara, saya langsung ke Kabupaten Humbang Hasundutan, mengunjungi lokasi rencana pengembangan Quick Win Sipinsur Geosite di Desa Parulohan, tempat saya dan Ibu Negara berdiri ini," kata Jokowi. 

Lokasi ini berada pada lahan seluas sekitar 2 hektare. Tempat ini terletak di ketinggian 1.213 meter di atas permukaan laut. (ase)

Laporan Anugrah Andriansyah (Sumatera Utara)