Pembangunan Hotel Berbintang di Danau Toba Diharapkan Untungkan Petani

Presiden Jokowi di kawasan wisata Danau Toba
Sumber :
  • VIVA/Uga Andriansyah

VIVA – Pembangunan hotel berbintang empat atau lima di kawasan destinasi super prioritas Indonesia yakni Danau Toba di Sumatera Utara, diharapkan berdampak positif bagi kesejahteraan petani lokal di sekitar danau vulkanis terbesar se-Asia Tenggara tersebut. 

Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo saat mengunjungi destinasi wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba Samosir, Sumut, Selasa 30 Juli 2019. 

"Nanti kalau hotel di sini pasti dong sayur dan buah bisa masuk hotel. Lapangan kerja terbuka, barang kerajinan di sini banyak sekali seperti ulos, dan kriya," kata Jokowi. 

Saat ini pemerintah sedang menyelesaikan 28 destinasi yang ada di Danau Toba secara bertahap. Salah satunya proyek destinasi wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape dan Geosite Sipinsur yang akan lebih dahulu diselesaikan. 

"Kita menyelesaikan di sini (The Kaldera Toba Nomadic Escape) dulu di Toba Samosir dengan 386 hektare. Lalu kita pindah ke Humbang Hasundutan (Geosite Sipinsur) dengan 533 hektare," kata Jokowi. 

Jokowi juga meminta pemerintah daerah dan provinsi agar bersinergi guna mempercepat pengembangan kawasan destinasi wisata di Danau Toba. 

"Sekarang kerjanya memang harus seperti itu. Ini kerja berbarengan berintegrasi pusat, provinsi, daerah bagi-bagi. Tadi malam sudah kita bagi semua," ucap Jokowi.