Di Sumut, Jokowi Tinjau Peradaban Awal Samosir hingga Danau Toba

Jokowi kunjungan kerja ke Sumut
Sumber :
  • Istimewa/Agus Rahmat

VIVA – Hari terakhir kunjungan kerjanya di Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo akan melakoni sejumlah agenda. Mulai dari meninjau Kampung Huta Siallagan, di Desa Ambarita, Kabupaten Samosir, Rabu 31 Juli 2019. Kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata di Danau Toba.

Dalam siaran pers resminya, Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana meninjau Kampung Huta Siallagan yang merupakan titik awal sejarah peradaban penegakan hukum di Samosir dahulu kala.

Kunjungan kerja Jokowi berlanjut dengan meninjau ke pasar tradisional Onan Baru Pangururan, Kabupaten Samosir.

Dari pasar tersebut, Jokowi akan menuju lokasi tempat dibangunnya jembatan Tano Ponggol. Jembatan ini menjadi infrastruktur pendukung wisata Danau Toba. Dengan adanya jembatan itu, wisatawan yang hendak ke Pulau Samosir dengan jalur darat, menjadi lebih gampang.

Usai makan siang dan istirahat, kunjungan Jokowi dan rombongan berlanjut ke Taman Bumi Kaldera Toba. Destinasi ini terletak di Desa Sigulatti, Kabupaten Samosir.

Lokasi terakhir kunjungan Kepala Negara yaitu meninjau proyek percontohan pengembangan peternakan sapi jenis belgian blue di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dari sana, Jokowi akan bertolak ke Jakarta melalui Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara.