Gunung Ciremai Kebakaran, BNPB Turunkan 2 Heli Water Bombing

Gunung Ciremai
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengirimkan dua helikopter jenis Bell, untuk memadamkan kebakaran di Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Satu heli telah mendarat di Bandar Udara Cirebon, sedangkan satu lainnya direncanakan tiba hari ini di Kuningan.

"Pemadaman dengan pengeboman air atau water bombing baru dilakukan hari ini, mengingat kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk dilakukan pada malam hari. Heli jenis tersebut mampu mengangkut air di dalam ember sebanyak seribu liter," ujar Pelaksana Harian Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan pers, Jumat 9 Agustus 2019

Selain itu, Agus mengatakan, satuan darat telah mempersiapkan kedatangan heli untuk mendukung pemadaman darat yang mengerahkan 219 personel gabungan. 

Survei akan dilakukan. Kooordinasi rencana skenario pemadaman telah disusun untuk operasi hari ini. Satuan darat telah menyiapkan dua landasan yaitu, di Palutungan dan lapangan bola Cigugur dan untuk sumber air untuk water-bombing diarahkan ke Waduk Darma. 

"Informasi sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan per 8 Agustus 2019, pukul 17.00, api masih menyala dan menyebar ke arah timur di atas Blok Sanghiyang Ropoh, pada ketinggian 2.667 m dpl dan sudah melintasi jalur pendakian Patulungan," ujarnya.

Dia menambahkan, "Pantauan darat juga menyebutkan angin bertiup kencang ke arah utara. Personel gabungan darat masih memadamkan api dengan cara manual. Estimasi luas lahan terdampak sekitar 308 hektare." (ren)