Adakan Silaturahmi, Pelajar Papua Nyaman di Tuban

Kapolres Tuban beserta jajarannya saat berbincang bersama putra-putri asal Papua, Rabu, (21/08/2019) (Foto: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Sejumlah pelajar asal Provinsi Papua yang menempuh pendidikan sekolah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur mengaku merasa nyaman selama tinggal dan menuntut ilmu di Kabupaten Tuban.

Mariana, salah satu pelajar dari Provinsi Papua yang merupakan pelajar SMK Abdi Negara Tuban menyampaikan selama ini ia dan teman pelajar asal Papua lainnya mendapatkan teman-teman yang ramah dan baik.

Hal tersebut disampaikan Mariana saat acara silaturahmi antara Kapolres Tuban dan Dandim 0811/Tuban bersama putra-putri Papua di Cafe 777 Tuban Selasa malam (20/8).

"Tinggal di sini saya senang, karena di sini banyak teman-teman baru yang baik, juga mendapatkan bapak ibu guru yang baik sebagai pengganti orang tua saya. Selama ini orang-orang di sini baik, sopan dan kalau kita minta bantu biasa langsung dibantu,” ujar Mariana yang mengaku berasal dari Kabupaten Mappi, Papua.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengatakan silaturahmi bersama tersebut sebagai bentuk mewujudkan rasa nyaman dan menjamin keamaan bagi pelajar Papua yang ada di Kabupaten Tuban.

"Kita dari Kepolisian dan juga TNI sangat menjamin keamanan semua putra-putri Papua yang sedang menempuh pendidikan ataupun bekerja di Tuban ini," tegasnya.

Pantauan di lapangan, keceriaan terlihat jelas dari raut muka para pelajar Papua yang bisa secara langsung bertemu dan berdiskusi dengan Kapolres. Ada 10 pelajar asal Papua yang saat ini tinggal di Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan menyampaikan pesan kepada adik-adik pelajar bahwa di Tuban tidak terpengaruh dengan peristiwa di daerah lain. Bahwa wilayah Tuban sampai dengan saat ini masih aman dan kondusif,” ungkap AKBP Nanang.

Dalam pertemuan itu, para pelajar asal Papua juga didampingi oleh pihak guru yang menjadi tempat  mengeyam pendidikan. Di Tuban mereka bersekolah di SMK Negeri 1, SMA Negeri 1 dan juga SMK Abdi Negara.

“Kita berpesan untuk adik-adik jangan takut dan merasa cemas, karena kami dari Polres Tuban bersama Kodim akan selalu menjamin keamanan selama 24 jam,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Tuban juga meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh para pelajar Papua agar bisa melapor langsung jika terjadi sesuatu. 

"Tuban sampai saat ini aman jangan takut, adek-adek semua adalah bagian dari kami dan Indonesia," pungkas AKBP Nanang.