Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Senin, 26 Agustus 2019 | 14:44 WIB

Rupanya Ini Alasan Kuat Kenapa Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Baru

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • VIVA/NR Syaian
Calon presiden Joko Widodo berkampanye terbuka di Balikpapan Sport & Convention Center Dome Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis, 28 Maret 2019.

VIVA – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupetan Penajam Paser Utara, keduanya di Kalimantan Timur, sebagai lokasi ibu kota baru Republik Indonesia.

"Kita intensifkan studinya selama tiga tahun ini. Hasilnya menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi, seperti dikutip dari VIVAnews, Senin, 26 Agustus 2019.

Baca Juga

Ia mengungkapkan, rencana pemindahan ibu kota sudah digagas sudah lama, bahkan sejak Presiden Soekarno. Bahkan, selama 74 tahun merdeka, Indonesia belum pernah merancang sendiri ibu kotanya. Adapun mengapa Ibu Kota Negara Indonesia harus pindah, Jokowi menuturkan, ada beberapa alasan, yaitu:

Pertama, beban Jakarta saat ini sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, pusat jasa, dan memiliki airport, serta pelabuhan terbesar di Indonesia.

Kedua, beban pulau Jawa yang semakin berat dengan penduduk 150 juta atau 54 persen penduduk Indonesia. Ketiga, beban semakin berat, karena 58 persen Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) atau ekonomi Indonesia ada di pulau Jawa, dan Jawa menjadi sumber ketahanan pangan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jokowi: Tambahan Bantuan UMKM Harus Segera Dilakukan
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler