Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

BJ Habibie, Sosok Inspiratif Kebanggaan Indonesia

Rabu, 11 September 2019 | 19:22 WIB
Foto :
  • instagram @habibiecenter
BJ Habibie presiden ke-3 Indonesia.

VIVA – Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan nama BJ Habibie, merupakan presiden Indonesia ketiga. Beliau lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936.

BJ Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Sang ayah merupakan seorang ahli pertanian dari Gorontalo keturunan Bugis. Sedangkan sang ibu asal Jawa dan merupakan anak dari dokter spesialis mata di Yogyakarta.

Baca Juga

Kisah hidupnya penuh inspirasi dan BJ Habibie menjadi kebanggaan Indonesia karena kecerdasannya. Ia adalah ahli pembuat pesawat terbang dari Indonesia yang diakui dunia internasional. Tak hanya di bidang teknologi, ia juga pernah menjadi orang nomor satu di negeri ini.

Keahliannya dalam bidang tekonologi telah mengantarkannya ke dunia teknokrat. BJ Habibie pernah menjadi penasihat presiden hingga menjadi menteri riset dan wakil presiden pada masa Presiden Soeharto. Puncaknya, ia menjadi Presiden RI ke-3 menggantikan Soeharto yang mundur karena tuntutan Reformasi.

Dalam hal pendidikan, BJ Habibie, pernah bersekolah di SMAK Dago, Bandung, dan meneruskan kuliah selama 6 bulan di Institut Teknologi Bandung dengan studi Teknik Mesin pada tahun 1954. Setahun kemudian, ia melanjutkan studi teknik penerbangan selama 10 tahun di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman. Habibie meraih 2 gelar sekaligus yaitu Diplom Ingenieur pada 1960 dan Doktor Ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler