SafeNet: Johnny G PLate Dinilai Berpihak di Isu Kebebasan Berekspresi

Menkominfo Johnny G Plate.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Masuknya Johnny G Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, menandakan perbedaan latar belakang dari pendahulunya. Johny berasal dari partai politik, Nasdem dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Ini berbeda dengan Rudiantara yang sebelum menjabat Menkominfo, berasal dari kalangan profesional telekomunikasi. Perbedaan ini juga dirasakan oleh Safenet. Safenet menilai jika Johnny memiliki latar belakang yang minim di bidang komunikasi.

"Johny G Plate berasal dari parpol Nasdem dan berlatar belakang pengusaha. Rekam jejaknya di bidang komunikasi minim, tetapi SAFEnet mencatat Menkominfo yang baru ini memiliki keberpihakan pada isu-isu media dan kebebasan berekspresi," kata Executive Director SAFEnet, Damar Juniarto, dalam pernyataannya, Rabu, 23 Oktober 2019.

Johnny sebenarnya juga berhasil duduk sebagai wakil rakyat di Senayan pada periode 2014-2019. Dia mewakili daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Johnny lahir di Ruteng Manggarai, Flores, 10 September 1956. Sebelum berkarier di politik, dia merupakan seorang pengusaha.

Dia memulai bisnis pada awal 1980an untuk bidang alat kebutuhan perkebunan. Setelahnya, lulusan S1 Universitas Katolik Atma Jaya bersama koleganya memperluas bisnisnya ke dunia transportasi penerbangan, dia juga sempat jadi bagian bisnis Air Asia.

Beberapa riwayat dari Johnny yaitu Komisaris PT. Indonesia AIr Asia (2005-sekarang), Komisaris PT. Mandosawu Putratama Sakti (properti) (2006-sekarang), Komisaris Utama PT. Aryan Indonesia (Kidzania) (2007-sekarang) dan Direktur Utama Bima Palma Group (kelapa sawit) (2006-2013), Direktur Utama PT. Air Asia Investama.