Mahfud MD Beberkan Hasil Pertemuan dengan Dubes Saudi

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abdul Halim Iskandar

VIVA – Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD di Kantor Kemenpolhukam, Senin, 25 November 2019. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas soal kejahatan terorisme yang berkembang saat ini.

Selain itu, dia dan Esam juga membahas mengenai Islam yang damai. Di samping itu, juga Islam yang toleran.

"Tadi saya hanya bicara mengenai kerja sama jangka panjang untuk melawan terorisme. Membangun Islam wasatiyyah, Islam yang damai dan terbuka terhadap semua perbedaan, berlaku adil terhadap orang lain, dan harus diberlakukan adil juga," katanya.

Mahfud juga menegaskan bahwa pertemuan bersama Dubes Saudi tidak membicarakan soal masalah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Menurutnya, negosiasi terkait Rizieq tidak dilakukan dengannya.

"Negosiasinya tidak dengan saya," ujarnya.

Sementara Esam sebelumnya menjelaskan bahwa dalam pertemuan itu ada beberapa hal yang dibahas, terutama masalah kerja sama dan hubungan kedua negara.   

"Kami baru saja membicarakan kerja sama antara Saudi Arabia dalam banyak hal berbeda seperti mengadakan konferensi sistemik di Jakarta dan kami juga mendiskusikan membawa semua warga untuk mengunjungi Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia," tuturnya.

Disinggung soal masalah pemulangan atau pencekalan Rizieq, Esam mengaku tak membahasnya bersama Mahfud MD dalam pertemuan tertutup hari ini. Namun ketika dikonfirmasi apakah perlu negosiasi untuk Rizieq, dia mengaku bahwa memang ada negosiasi antara otoritas Saudi dan Indonesia.

"Ada negosiasi antara otoritas tinggi antara kedua negara, tapi hari ini kami tidak membahas ini. Kami hanya membahas tentang Saudi Arabia dan Indonesia," ungkap Esam.