Korban Banjir Bandang Solok Selatan Butuh Selimut

Dampak banjir bandang di Solok Selatan, Sumatera Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Selain makanan siap saji dan air bersih, selimut dan Perlengkapan bayi, merupakan dua jenis logistik yang saat ini sangat dibutuhkan para korban banjir bandang di Dua Jorong atau kampung yakni Sapan Salak dan Jorong Manggih, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, hingga kini masih berusaha menembus lokasi banjir bandang, yang sejak kemarin masih belum bisa dilewati lantaran akses jalan menuju ke sana tertutup material banjir bandang berupa lumpur, batuan dan banyaknya gelondongan kayu dengan diameter yang cukup besar.

“Saya sangat membutuhkan bantuan perlengkapan untuk bayi saya. Itu yang penting sekarang. Kalau makan, sudah ada dari Tagana Solok Selatan. Yang penting itu ya, perlengkapan bayi,”kata Nadia, salah satu warga Sapan Salak, Selasa 26 November 2019.

Nadia berharap, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan atau otoritas terkait yang mewakili tugas kemanusiaan, dapat lebih cepat lagi merespon keluhan dan kebutuhan para korban yang terdampak banjir bandang ini.

Pasalnya, selain kondisi rumah rusak berikut dengan peralatan rumah tangga lainnya, masyarakat di Jorong Sapan Salak juga terpaksa harus tidak bekerja karena masih mengalami trauma akibat peristiwa banjir bandang itu. Rata-rata, warga disana menggantungkan hidup di sektor pertanian.

Terpisah, Wakapolres Solok Selatan, Kompol Ediwarman mengatakan bahwa saat ini, ada sebanyak 300 jiwa lebih yang mengungsi di Gedung Balai Adat Nagari. Selain dipenuhi kebutuhan pakan dan sandang, para korban juga diberikan layanan kesehatan.

Tim medis yang dikerahkan, memberikan pengobatan gratis dan trauma healing bagi masyarakat atau korban yang terdampak.

"Saat ini kami masih mengusahakan untuk penyaluran bantuan lainnya. Termasuk juga, menembus akses kelokasi kejadian dan upaya pembersihan rumah warga yang terkena banjir bandang," tutup Ediwarman.

Berdasarkan data sementara, sebanyak 25 unit rumah warga, sembilan di antaranya rusak berat akibat dihantam banjir bandang yang terjadi di Dua Jorong itu pada Minggu malam 24 November 2019. Ratusan jiwa yang tergabung dalam 130 kepala keluarga, saat ini terpaksa harus meninggalkan kampung mereka dan mengungsi ke Balai Adat Nagari dan rumah kerabat terdekat.

Diketahui, sejak Tiga hari belakangan, Kabupaten Solok Selatan diterjang banjir akibat intensitas curah hujan yang meningkat. Tercatat, ada Empat Kecamatan yang diterjang banjir yakni, Kecamatan Sangir, Kecamatan Koto Parok Gadang Diateh, Kecamatan Sungai Pagu dan Kecamatan Pauh Duo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan merilis, sebanyak 1.103 kepala keluarga dengan total 5.932 jiwa, terdampak banjir yang disebabkan tingginya intensitas curah hujan dan luapan beberapa sungai di Kabupaten yang terkenal dengan Destinasi wisata Seribu Rumah Gadang itu.