Salah Dengar Arahan Petugas ATC, Dua Pesawat Garuda Nyaris Tabrakan

Maskapai Garuda Indonesia.
Sumber :

VIVA – Kejadian fatal ini seharusnya tidak boleh terjadi. Diduga salah mendengar arahan dari petugas Air Traffic Controller (ATC), dua pesawat Garuda Indonesia terlihat saling berhadapan.

Pesawat itu adalah pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan masing-masing, GA649 (PK-GMH) rute Ternate (TTE) - Bandara Soetta (CGK). Dan pesawat GA246 dengan registrasi PK-GRR rute Bandara Soetta (CGK) - Banyuwangi (BWX).

Kedua pesawat itu saling berhadapan di salah satu jalan penghubung, antara landas pacu dengan apron atau taxiway di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Peristiwa fatal ini terjadi pada Kamis, 12 Desember 2019.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta, Herson, membenarkan insiden tersebut. Ia menjelaskan, saat itu pesawat GA649 dari Ternate baru saja mendarat (landing) di Bandara Soetta. Sedangkan GA246 hendak menuju landas pacu (Runway) untuk take off.

Bagaiman kesalahan fatal ini bisa terjadi. Anda yang ingin melihat bagaimana ini terjadi, dapat masuk ke laman VIVAnews untuk melihat videonya.