Hujan Lebat Bakal Guyur Wilayah Ini saat Malam Tahun Baru

Ilustrasi hujan lebat.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Tahun Baru 2020 tinggal menghitung hari dan biasanya banyak orang merayakan pesta pergantian tahun di sejumlah tempat. Namun perlu waspada lantaran pada malam peragantian tahun nanti akan hujan. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bakal terjadi hujan di sejumlah daerah di Indonesia pada malam pergantian tahun.  

"Jadi untuk prakiraan cuaca kurang lebih seminggu ke depan termasuk tahun baru nanti diperkirakan masih akan terus terjadi hujan dan beberapa kondisi ekstrem dapat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Desember 2019. 

Kendati demikian, BMKG akan selalu memonitor dan memberikan peringatan dini tiga hari sebelum kejadian sampai tiga jam sebelum kejadian. Karena itu, dia pun menyarankan untuk siap-siap membawa payung atau mantel bagi yang akan merayakan tahun baru di luar ruang.

"Ini bukan berarti kita melarang beraktivitas, silakan terus beraktivitas beribadah namun tetap siap-siap, misalnya sedia payung, mantel," ujarnya. 

Biasanya, menurut Dwikorita, hujan terjadi pada siang menjelang sore dan kadang pada malam hari. 

"Jadi kalau dari pagi sampai siang cuacanya masih cerah berawan, sehingga optimalkan kegiatan di pagi hingga siang hari. Sorenya biasanya mulai turun hujan," katanya. 

Menurut data BMKG, selama sepekan ini mulai dari 27-31 Desember 2019, sejumlah wilayah bakal terjadi hujan lebat, di antaranya Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten. 

Selain itu, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara Maluku bagian selatan, Papua, dan Papua Barat. 

Baca juga: 

Respons SBY soal Kasus Jiwasraya: Salahkan Saja Masa Lalu

Fakta John Kei: Bos Preman Paling Ditakuti yang Akhirnya Insaf