Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 23 Januari 2020 | 19:09 WIB

Dilaporkan ke KPK, Jokowi Diminta Pecat Yasonna

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Edwin Firdaus
Ahmad Farhan Faris
Foto :
  • Cahyo Edi
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly.

VIVA – Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dilaporkan ke Direktorat Pengaduan Masyarakat KPK oleh Koalisi Masyarakat Sipil. Sebab, Yasonna diduga merintangi proses hukum atas kasus suap pergantian antar waktu (PAW) calon anggota legislatif dari PDI Perjuangan, yakni Harun Masiku.

Berikut fakta Yasonna diduga menghalangi proses penyidikan kasus suap yang melibatkan Harun Masiku, seperti dikutip dari VIVAnews pada Kamis, 23 Januari 2020.

Baca Juga

Yasonna diduga langgar UU Tipikor

Anggota Koamisi Masyarakat Sipil, Kurnia Ramadhana mengatakan Yasonna diduga telah melanggar Pasal 21 UU Pemberantasan Korupsi terkait keberadaan Harun, tersangka suap terhadap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Hari ini kami bersama dengan koalisi masyarakat sipil antikorupsi melaporkan saudara Yasonna Laoly selaku Menkum HAM, atas dugaan halangi proses hukum atau obstruction of justice yang diatur dalam Pasal 21 UU Tipikor, dalam konteks kasus suap PAW anggota DPR RI tersangka Harun Masiku," kata Peneliti ICW, Kurnia.

Bukti yang dibawa

Kurnia mengatakan, koalisi membawa bukti-bukti dugaan pelanggaran pidana yang dilakukan Yasonna, salah satunya berupa rekaman CCTV terkait kedatangan Harun ke Indonesia pada Selasa, 7 Januari 2020.

"Kami bawa CCTV yang sudah beredar di masyarakat, kedatangan Harun di Soetta 7 Januari 2020 itu kan sebenarnya perdebatannya. Tidak masuk akal alasan Kumham (Kementerian Hukum dan HAM)," ujarnya.

Menurut dia, sebenarnya sederhana saja mereka tinggal mengecek rekaman CCTV di Bandara Soekarno-Hatta apakah temuan petunjuk salah satu majalah nasional itu benar atau tidak.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jokowi: Tambahan Bantuan UMKM Harus Segera Dilakukan
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler