Pemprov DKI Bangun Sirkuit Formula E Cuma Dua Bulan?

Revitalisasi kawasan Monas
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah memberi izin kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan balapan mobil listrik Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Juni 2020.

Oleh karena itu Pemerintah Provinsi DKI melalui BUMD Provinsi Jakarta yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bakal memulai pembangunan fisik. Namun, untuk rutenya dimana saja akan diumumkan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jakarta, Saefullah mengatakan rute final balapan mobil listrik Formula E akan diumumkan bersama pemerintah pusat. Karena, kawasan Medan Merdeka juga dimiliki pemerintah pusat.

"Rutenya akan kami (DKI) sampaikan ke Mensesneg. Itu (rute final Formula E) nanti dijawab lebih detil, akan ada konferensi pers bersama antara Pak Gubernur dan Menteri Sekretaris Negara," kata Saefullah seperti dilansir VIVAnews pada Selasa, 11 Februari 2020.

Istana beri lampu hijau di Monas

Saefullah mengatakan kemungkinan besar rute balapan mobil listrik di kawasan Medan Merdeka, termasuk Monas. Apalagi, Sekretariat Negara sudah memberikan izin kepada Pemerintah Provinsi Jakarta untuk menjadikan kawasan Medan Merdeka sebagai rute Formula E.

"Per kemarin (Senin, 11 Februari 2020) arahnya (lokasi penyelenggaraan Formula E) kembali ke Monas. Pak Mensesneg sudah beri lampu hijau, buat dilaksanakan di Kawasan Medan Merdeka," tuturnya.

Tapi, kata dia, saat ini Pemerintah Provinsi Jakarta dan pemerintah pusat masih membahas area dimana infrastruktur Formula E bisa dibangun di Monas. Soalnya, perlu diperhatikan juga status Monas sebagai salah satu cagar budaya.

"Nanti akan dijelaskan, (di Monas) cagar budaya itu di mana, konstruksi (infrastruktur Formula E) di mana, akan berdampak apa, itu nanti didetilkan. Hari ini (penyelenggaraan Formula E) kecenderungannya lebih ke kawasan Medan Merdeka," jelas dia.

Rampung April 2020

Saefullah meyakini pengerjaan rute Formula E bakal selesai pada April 2020, meskipun saat ini masih dibahas dimana titik yang dijadikan perlintasan balapan mobil listrik di kawasan Monas.

"Itu (sirkuit) bulan April sudah selesai infrastrukturnya," katanya.

Maka dari itu, ia mengatakan beberapa hari ini Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan mulai melakukan pengerjaan. Sebab, waktu penyelesaian tenggatnya sisa dua bulan lagi.

"Harus ada uji coba sirkuit dua bulan sebelum pelaksanaan Formula E," ujarnya.

Untuk itu, Saefullah meminta masyarakat harap memaklumi apabila aktivitasnya terganggu di kawasan Monas dan Medan Merdeka selama proyek berlangsung.

"Beberapa hari ke depan, Jakpro sudah mulai melakukan persiapan-persiapan infrastrukturnya," ujarnya.