Dikritik Soal Banjir, Ridwan Kamil Putuskan Pulang ke Tanah Air

Ridwan Kamil dan Cinta Laura
Sumber :
  • twitter humasjabar

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memutuskan membatalkan sejumlah agenda kerja di Australia, untuk kembali ke Tanah Air. Pembatalan itu dilakukan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil setelah kritikan tajam yang ditujukan kepada orang nomor satu di Jabar ini, terkait dengan kondisi sebagian wilayah di Jawa BArat sedang dilanda banjir. 

“Saya memutuskan untuk membatalkan setengah agenda kerja terkait di finalisasi bantuan Australia untuk Citarum, pembangunan 23 rumah sakit, promosi investasi, dan penandatanganan kerjasama ekspor komoditas, dan kembali ke tanah air, untuk mengoordinasikan para kepala daerah yang daerahnya terdampak bencana banjir,” tulis Ridwan Kamil dilansir dari akun instagramnya @ridwankamil, Kamis 27 Februari 2020. . 

Kang Emil juga menjelaskan ada delapan agenda yang telah dibatalkannya ketika melakukan kunjungan kerja ke Australia. Di sisi lain, ia juga menyebut jika Gubernur berhalangan, ada wakil gubernur yang memiliki kekuatan yang setara dalam membantu walikota dan bupati kepala daerah jika ada hal yang emergency. 

“Jika Gubernur berhalangan, sebenarnya ada Wakil Gubernur yang memiliki kekuatan mengambil keputusan yang setara dalam membantu walikota dan bupati sebagai kepala daerah terdepan jika terjadi situasi emergency di daerahnya,” ucapnya.

“Semoga hal ini bisa menjelaskan informasi yang sebenarnya.” 

Dikritik karena main tik tok

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) angkat bicara terkait fenomena Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bermain Tiktok saat berkunjung ke Australia. Orang nomor satu di Jawa Barat itu bermain aplikasi video itu dengan Cinta Laura di tengah musibah banjir menerjang beberapa daerah.

Ketua DPW PKS Jawa Barat, sekaligus Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Haru Suandharu meminta Ridwan Kamil segera pulang menangani banjir. Imbauan ini mengingat dampak banjir di beberapa daerah seperti Bekasi, Subang dan Karawang memerlukan penanganan ekstra.

Saya usul pak Gubernur segera pulang ke tanah air, segera melakukan rapat koordinasi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait," ujar Haru, Rabu malam 26 Februari 2020.

Terlebih, aktivitas dinas Ridwan Kamil di Australia bersama Cinta Laura menjadi sorotan DPR RI. Langkah ini dinilai tidak etis di tengah ribuan warga menjadi korban banjir.

Membuka cafe dengan Cinta Laura

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon juga ikut  Ridwan Kamil yang dinilai malah membuka cafe di Australia ketimbang ngurusi banjir di Jawa Barat. 

“Sebagian Jawa Barat banjir spt Subang, Karawang, Bekasi. Harusnya Gubernur pulang, urusi banjir, n tak perlu buka cafe di Australia,” tulis Fadli Zon.

Fadli Zon menyindir Ridwal Kami yang sebelumnya sejumlah foto diunggah akun twitter @humasjabar.