Desain Kawasan Ibu Kota Baru Bakal Rampung, Seperti Apa Bentuknya

Desain ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Danis H. Sumadilaga memastikan, desain dasar kawasan ibu kota baru di kawasan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bakal rampung pada pertengahan 2020 mendatang.

"Kami harap tengah tahun ini selesai semuanya," kata Danis di kantornya, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 12 Maret 2020.

Danis mengaku pihaknya telah ditugaskan untuk menggelar Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara tersebut, hingga nantinya konsep dari kesemua pemenang lomba itu akan disinergikan dalam rangka finalisasi desain urban.

Dia menyebut, finalisasi desain urban IKN ini telah dijadwalkan pada periode Januari hingga Juli 2020, dengan kriteria rancangan yang harus mencakup sejumlah aspek.

Misalnya seperti aspek yang mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan, serta mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

Selain itu, lanjut Danis, pihaknya juga telah membentuk tim untuk memfinalisasi urban desain, dari para pemenang sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara.

"Kami targetkan akan selesai pada pertengahan tahun, yaitu sekitar Mei atau Juli 2020, agar nantinya bisa segera disampaikan ke Presiden," kata Danis.

"Sehingga, diharapkan sekitar akhir semester II-2020 nanti, sudah bisa dilakukan groundbreaking di IKN tersebut," tuturnya.

Diketahui, rencana periode keseluruhan pada 2019-2021, antara lain adalah perancangan kawasan penyusunan desain urban, perencanaan teknis dan pembangunan infrastruktur PUPR pada 2020-2023, hingga sayembara dan pembangunan Istana Presiden,Wapres, Kompleks MPR/DPR/DPD dan perkantoran kementerian/lembaga pada tahun 2020-2024.

Kemudian, selanjutnya adalah tahapan proses pemindahan Ibu Kota Negara secara bertahap, yang akan mulai dilakukan secara gradual yakni pada 2024 hingga 2045 mendatang.

--