Cegah Virus Corona, Jokowi Bersih-bersih Istiqlal

Jokowi saksikan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo menyaksikan pembersihan Masjid Istiqlal pada Jumat 13 Maret 2020. Pembersihan dengan cara sterilisasi dengan disinfektan, untuk menghindari penyebaran wabah Corona COVID-19.

Petugas yang melakukan penyemprotan berasal dari unsur PMI 15 orang, Kesdam Jaya 6 orang, Gegana 6 orang, Kodim Jakarta Pusat 6 orang, dan 2 orang dari PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1. 

Mereka menggunakan peralatan pakaian lengkap. Puluhan petugas menyemprotkan disinfektan di area utama Masjid Istiqlal antara lain di mimbar khatib. Penyemprotan juga dilakukan di sepanjang lantai. Sementara karpet yang biasa digunakan jemaah digulung terlebih dahulu. 

Presiden Jokowi, menyaksikan dari jarak yang cukup jauh mengingat bau menyengat dari hasil penyemprotan disinfektan itu. Diketahui Masjid Istiqlal akan digunakan untuk salat Jumat.

Jokowi tampak mengenakan baju putih dan kopiah hitam. Dia berdiri menyaksikan bersih-bersih Masjid Istiqlal didampingi Menag Fazhrul Razi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkes Terawan Agus Putranto, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, dan Imam Besar Istiqlal Nasarudin Umar.

Kepala Negara terlihat menyaksikan penyemprotan. Namun tidak menggunakan masker. Begitupun para menteri dan Imam Istiqlal di sebelahnya. Diketahui virus Corona COVID-19 kini sudah menjadi pandemi.

Virus Corona bisa dicegah. Bagaimana caranya? Lihat tipsnya dalam video di bawah ini: