Deretan Menteri Jokowi yang Dikabarkan Corona, Begini Kondisinya

Jokowi dan Menteri di Kabinet Indonesia Maju
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju langsung melakukan cek kesehatan setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terkena virus corona atau Covid-19 pada Sabtu malam, 14 Maret 2020.

Sejumlah pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Senin, 16 Maret 2020.

Di antaranya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Kemudian, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

Selain itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Sosial Julian P Barubara. 

Nah, sebelumnya juga sempat dikabarkan sejumlah menteri dalam keadaan sehat. Mereka menyampaikan informasi tersebut melalui akun resmi media sosial masing-masing. 

Berikut menteri yang melaporkan kondisinya, seperti dikutip VIVA pada Selasa, 17 Maret 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani mengumumkan bahwa kondisinya sehat-sehat saja di akun instagram @smindrawati. Bahkan, Sri juga masih bekerja pekan lalu dan rapat koordinasi melalui konferensi video dengan jajaran Kementerian Keuangan.

"Saya, alhamdulillah tetap sehat dan terus melakukan tugas sebagai Menkeu secara penuh," kata Sri.

Menteri Bappenas Suharso Monoarfa

Suharso juga mengunggah foto saat dilakukan pemeriksaan sesuai protokol penanganan Covid-19 ke instagram. Untuk itu, ia mengimbau semua juga melakukan hal yang sama.

“Hari ini saya melakukan beberapa kegiatan di Bali dan di tengah kegiatan saya sempat melakukan pemeriksaan sebagai antisipasi menularnya Covid-19. Saya mengimbau semua pihak untuk tidak takut memeriksa diri jika ada gejala awal terkena atau ada riwayat kontak dengan orang positif Covid-19. Mari kita semua menjaga kesehatan masing-masing," kata Suharso.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki sempat dikabarkan positif kena virus corona. Namun, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja langsung membantah kabar tersebut. Menurut dia, Menteri Basuki sehat.

“Kemarin saya berkomunikasi dengan beliau dari pagi sampai malam untuk berbagai urusan pekerjaan. Beliau ada di rumah dinas. Insya Allah, dalam keadaan sehat walafiat,” kata Endra.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Budi Karya Sumadi diumumkan positif terinfeksi virus corona. Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto, Albertinus Budi Sulistya mengatakan Menteri Budi Karya tercatat sebagai kasus 76.

Sementara, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan keluarga Menteri Budi Karya sudah mengizinkan pemberitahuan soal status positif terkena virus corona.

“Keterlibatan beliau luar biasa untuk penanganan dampak ini. Saya dapat laporan dari Pak Menkes (Terawan Agus Putranto) dan kesehatan beliau semakin membaik. Semoga beliau semakin sehat,” tuturnya.