Wisma Atlet 'Disulap' Jadi RS Darurat COVID-19 Beroperasi Sore Ini

WISMA ATLET DISIAPKAN UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan difungsikannya Wisma Atlet Kemayoran Jakarta menjadi Rumah Sakit Darurat COVID-19. Ada sekitar 15 ribu kamar yang ada di wisma ini yang akan menjadi ruang isolasi pasien Corona.

Rencananya, ada dua tower yang akan digunakan untuk isolasi pasien yakni di Tower 6 dan Tower 7. Kapasitasnya bisa menampung hingga ribuan pasien.

Selain pasien positif, juga nanti akan menjadi posko gugus penanganan COVID-19. Juga menjadi tempat mes dari para perawat yang khusus menangani pasien Corona COVID-19 ini.

Peresmian dilakukan secara bersamaan dengan peninjauan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin pagi, 23 Maret 2020. Presiden tiba pukul 09.00 WIB disambut sejumlah menteri seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo.

Jokowi langsung meninjau di salah satu gedung di Tower 7 yang akan dijadikan RS Darurat COVID-19. Di sini, nanti juga ada laboratorium radiologi hingga ICU, untuk mendukung proses penanggulangan COVID-19 ini. Jokowi mendapatkan penjelasan dari Tim Kesehatan TNI, menyangkut fungsi ruangan dan peralatannya.

Persiapan untuk Wisma Atlet menjadi RS Darurat COVID-19 ini, sudah dilakukan semenjak beberapa hari ini. Setelah adanya pernyataan resmi dari Kepala Negara yang meminta tempat para atlet Asian Games 2018 lalu digunakan sementara untuk pasien positif COVID-19.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet terbatas mengenai laporan tim gugus tugas Corona COVID-19, meminta rencana kontigensi untuk rumah sakit.

"Dan juga bisa dimanfaatkan wisma atlet di Kemayoran, kapasitasnya cukup besar kalau enggak keliru 15 ribu," kata Presiden Jokowi dalam rapat kabinet melalui video conference, Kamis 19 Maret 2020.

Mulai sore nanti RS Darurat COVID-19 itu sudah mulai dioperasikan.