KH Basori Alwi Meninggal Dunia

KH Basori Alwi
Sumber :
  • Galeri Ulama

VIVA – Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, KH Basori Alwi Murtadho  meninggal dunia  Senin 23 Maret 2020.

Pengasuh Pondok Pesantren Ilmu Al Quran atau PIQ Singosari, Malang, Jawa Timur menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 15:30 WIB, karena penyakit jantung koroner.

Di situs resmi PIQ disebut KH Basori pakar Al-Qur’an karena memang beliau tiada henti mengajar Al-Qur’an dan mendakwahkannya.

Dahulu, beliau seorang qari’ (pelantun Al-Qur’an bil-ghina) tingkat nasional, bahkan internasional.

Beliau sudah malang-melintang di dunia tilawah. Pada tahun 1965 bersama dua qari’ nasional lainnya, Ustaz Abdul Aziz Muslim dan almarhum  Fuad Zain, beliau pernah diundang untuk membaca Al-Qur’an di 11 negara Asia Afrika.

Mulai dari Arab Saudi, Pakistan, Irak, Iran, Siria, Lebanon, Mesir, Palestina, Aljazair dan Libya. 

Beliau lahir pada 15 April 1927 dari pasangan Kiai Alwi Murtadlo dan Nyai Riwati. Sejak kecil, beliau belajar Al-Qur’an pada ayahnya, Kiai Murtadlo.

Beliau salah satu pendiri Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadh Organisasi para qari’ dan penghafal Al-Qur’an.

Beliau juga salah satu pencetus ide Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat internasional pada Konferensi Islam Asia Afrika (KIAA) tahun 1964.

Beliau juga termasuk penggagas MTQ tingkat nasional. Sampai sekarang, beliau tidak pernah absen menjadi juri, baik pada MTQ dan STQ Nasional, maupun MTQ tingkat provinsi. Di samping itu, beliau dipercaya menjadi juri MTQ tingkat internasional di Brunei Darussalam 1985, Mesir 1998 dan Jakarta 20033.