Update Corona Jawa Barat 1 April 2020: Sudah 198 Orang Positif

Satu Warga Garut Ditemukan Positif Corona, Pemerintah Lakukan Karantina Wilayah
Sumber :
  • VIVAnews/Diki Hidayat

VIVA – Update corona di Jawa Barat kembali disiarkan melalui situs resmi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat pada Rabu, 1 April 2020, pada pukul 11.00 WIB. Saat ini ini jumlah pasien positif corona yang tersebar di Jawa Barat mencapai 198 orang.

Dari data tersebut juga disiarkan kalau sudah ada 11 pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Sementara jumlah pasien yang meninggal dunia sudah ada 21 orang.

Saat ini, Provinsi Jawa Barat melakukan proses pemantauan terhadap 9.967 orang dan telah selesai memantau terhadap 3.000 orang dalam pemantauan (ODP) corona. Total ODP yang ada di Jawa Barat mencapai 12.967 orang.

Kemudian untuk pasien dalam pengawasan (PDP) jumlah yang telah diproses dalam pengawasan mencapai 727 orang. Lalu yang telah selesai pengawasan mencapai 242 orang. Total sudah ada 969 DPD corona di Jawa Barat.

Sementara itu, jumlah masyarakat Jawa Barat yang telah dilayani terkait dengan informasi corona melalui situs resmi ini mencapai 7.239 orang. 

Data yang ditampilkan Pikobar ini berasal dari sinkronisasi data dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota. Proses ini mungkin membutuhkan waktu 1-2 hari setiap perbaharuan data terjadi. 

Karena itu, untuk sementara Anda mungkin melihat perbedaan antara angka yang tampil di Pikobar dengan yang diumumkan di kabupaten/kota selama proses sinkronisasi berlangsung. Silakan periksa kembali 1-2 hari setelah perbaruan terakhir dari masing-masing kabupaten/kota.

Data ini, terutama untuk pasien positif memang dirasa belum ada penambahan dari informasi yang disiarkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bahwa ada 300 orang warga yang positif corona setelah mengkuti rapid tes massal. Dari jumlah tersebut, terbanyak adalah dari Kota Sukabumi.

Namun menurut Ridwan Kamil, 300 warga yang saat rapid tes positif corona, saat ini telah dibawa ke pusat kesehatan. Mereka akan melalui sejumlah tahapan tes untuk memastikan apakah benar-benar positif corona atau tidak.

Baca juga: Update Corona Jateng 1 April 2020: 92 Kasus, 7 Orang Meninggal

Perbaharui informasi Anda mengenai perkembangan penangan virus corona melalui tautan berikut ini.