Update Corona di Bali 1 April 2020: 25 Orang Positif, 10 Sembuh

Mencuci tangan, cegah penyebaran corona
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Perkembangan wabah virus corona (COVID-19) di Provinsi Bali menunjukkan data peningkatan terhadap mereka yang dinyatakan positif terjangkit virus tersebut.

Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra menjelaskan,  ada 157 orang yang dinyatakan Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

“Artinya, ada penambahan kasus PDP sebanyak dua orang dari jumlah kumulatif kemarin. Dari 157 orang itu telah diambil sampel dan yang telah keluar sebanyak 136 orang dengan rincian 111 orang negatif dan 25 dinyatakan positif. Berarti hari ini ada penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 6 orang,” kata Dewa Made Indra dalam keterangan resminya.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan ada sebanyak 10 orang pasien yang dinyatakan sembuh dan telah diperkenankan untuk kembali ke rumahnya.

“Kabar baiknya harus saya informasikan, bahwa hari ini dilaporkan ada enam orang yang positif COVID-19 sembuh dan dipersilakan pulang. Dengan demikian, maka sampai hari ini jumlah kumulatif yang sembuh sebanyak 10 orang terdiri dari 2 WNA dan 8 WNI,” tutur dia.

Ia menjelaskan, mereka yang masuk kategori PDP dan akhirnya dinyatakan sembuh menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan diri kepada kita semua bahwa corona bisa disembuhkan.

“Caranya disiplin menjaga kesehatan dan disiplin menjalankan karantina. Itu adalah kuncinya,” kata dia.

“Kenapa diumumkan bersamaan antara positif dan sembuhnya? Karena dia dirawat di rumah sakit, meski dia dinyatakan positif tapi fisiknya sehat. Setelah beberapa hari dirawat keluar hasil laboratorium yang menyatakan dia positif. Tapi karena fisiknya sehat diuji lab lagi dua kali berturut-turut hasilnya negatif. Maka, dia dinyatakan sembuh,” tambah Dewa Made Indra.