Faisal Basri Sebut Menko Luhut Lebih Bahaya dari Virus Corona

Pengamat ekonomi dan politik Faisal Basri saat hadir dalam Konferensi Regional Akuntansi di Malang, Jawa Timur, pada Kamis, 3 Mei 2018.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Pengamat Ekonomi Senior Faisal Basri mengeluarkan pernyataan yang pedas soal Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di media sosial. Luhut disebutnya lebih berbahaya dari Virus Corona COVID-19.

Hal tersebut dikatakannya melalui akun Twitter miliknya @FaisalBasri, Jumat malam, 3 April 2020. Pernyataan keras tersebut pun menimbulkan pertanyaan, sebab dia tidak menjelaskan secara rinci apa yang mendasarinya.

Namun, sebelum pernyataan itu di-posting-nya, Faisal sempat mengkritisi pernyataan Luhut yang menyebutkan bahwa Virus Corona tak kuat dengan cuaca Indonesia.

"Ini sudah keterlaluan!!! Luhut Sebut Virus Corona Tak Kuat dengan Cuaca Indonesia," tulis Faisal dikutip, Sabtu 4 April 2020.

Baca juga: Kondisi Menhub Budi Karya dan Bima Arya Semakin Membaik

Seperti diketahui, pernyataan Luhut soal ketahanan Virus Corona di Indonesia diungkapkannya pada Kamis 2 April lalu. Menurutnya Indonesia punya karakteristik berbeda lantaran virus berbahaya tersebut tidak akan tahan lama berada bagi negara yang beriklim tropis.

"Cuaca Indonesia yang panas dan humidty tinggi maka untuk COVID-19 itu enggak kuat,” ucap Luhut," ujarnya.

Karena itu menurutnya, pembatasan sosial yang dilakukan, bisa efektif meredam penyebaran virus tersebut.

"Kalau jaga jarak tak dilakukan ya tidak berarti. Makanya sekarang tergantung kita," ujarnya.