Komentari Ferdian Paleka, Ridwan Kamil: Ramadhan Akhlaknya Malah Turun

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai berbicara dalam forum The 2019 Padjadjaran Communication Conference Series di kampus Universitas Padjadjaran, Bandung, Selasa, 6 Agustus 2019.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Belakangan ini, masyarakat tengah dibuat geram oleh tindakan YouTuber, Ferdian Paleka lantaran video yang diunggahnya di akun YouTubenya. Dalam video tersebut diketahui, Ferdian memberikan makanan kepada waria namun ternyata berisi sampah.

Aksi Ferdian ini membuat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil  (RK) angkat bicara. RK, mengungkapkan kekecewaannya dengan aksi Ferdian.

"Bulan ramadan harusnya akhlak itu naik ini akhlaknya malah turun. Di bulan ramadan harusnya tolong menolong ini malah ngelakukan ngeprank yah udah gitu minta maaf juga bohong kan dan lain sebagainya," kata RK seperti dikutip dari tayangan Kabar Petang TvOne, Selasa 5 Mei 2020.

RK berharap, agar apa yang dilakukan oleh Ferdian dan teman-temannya tidak dicontoh oleh pemuda-pemudi di Jawa Barat. RK juga mengugkapkan bahwa dirinya mendukung sanksi hukum untuk Ferdian.

"Mudah-mudahan contoh terburuk sifat manusia generasi milenial warga jmJawa Barat itu jangan ditiru. Saya mendukung tindakan hukum yang dilaporkan dan ditindak lanjuti supaya kreatiflah dengan positif bukan kreatif dengan konten negatif atau menghinakan sesama manusia," kata kang Emil, sapaannya.

Hingga saat ini, Ferdian sendiri belum menyerahkan diri. Ia sendiri akan dijerat dengan pasal UU ITE.

Dikabarkan sebelumnya muncul video Ferdian yang membagikan sembako makanan. Namun sayangnya sembako makanan yang dibagikan oleh Ferdian tersebut berisikan sampah.

Video ini kemudian viral di media sosial, salah satu akun instagram @infobandungkota, dari video berdurasi 59 detik itu diketahui Ferdian membagikan sembako makanan yang ternyata berisikan sampah tersebut terjadi di Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam akun itu dijelaskan bahwa prank tersebut dibuat oleh Ferdian Pelaka untuk konten Youtubenya.

“Di tengah pandemi, sekelompok pemuda Tega nge-prank berbagi sembako makanan isi sampah demi konten YouTube dan kejadian tersebut di kota Bandung,” tulis akun tersebut.

Sebelum membagikan makanan, dalam video itu terlihat juga terlihat Ferdian dan teman-temannya mengisi kotak kardus dengan sampah yang diambilnya di tempat sampah.

“Jadi kita mau ngapain,” kata pria berbaju putih (Ferdian). “Mau membagi-bagikan makanan oke,” jawab teman di sampingnya. “Jadi kita lagi isi dulu ini dulu,” kata pria berbaju putihnya.

Tidak lama dirinya bersama dengan temannya itu kemudian bertemu dengan dua orang. Dua orang yang terlihat menutupi wajahnya kemudian diberikan satu kotak kardus berisi sampah tersebut tanpa diketahui dua orang tersebut. “Bagi-bagi dulu tuh sama temennya,” kata pria dalam video itu.

Baca: #SobatAmbyarBerduka Trending di Twitter, Lebih dari 60 Ribu Tweet