Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa Bagi-bagi Bantuan Sindir Ferdian Paleka

Tom Liwafa
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Setelah aksi prank bagi-bagi sembako berisi sampah yang dilakukan YouTuber Ferdian Paleka viral, kini, adalagi aksi bagi-bagi bantuan yang dilakukan seorang pengusaha juga Youtuber Tom Liwafa. Tapi, bagi-bagi bantuan ini bukan prank. Tom, bahkan ikut menyindir Ferdian lewat video YouTube miliknya.

Pengusaha asal Surabaya yang juga kerap dijuluki dengan sebutan Crazy Rich Surabaya, Tom Liwafa memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat yang terdampak virus corona di wilayahnya. Dalam video berdurasi 2 menit yang diunggahnya di akun YouTube dan instagramnya, terlihat Tom Liwafa memberikan satu kardus mi instan dan beras 5 kg serta sejumlah uang.

Di awal video itu Tom Liwafa sempat menyindir konten kreator asal Bandung yang belakangan ini tengah ramai diperbincangkan lantaran membuat konten prank memberikan bantuan berisikan sampah. 

“Menanggapi video yang viral itu kita buktikan bahwa yang muda-muda ini, yang biasanya bikin konten juga di Indonesia banyak orang yang lebay jangan kita berfokus pada hal-hal yang bersifat tolol. Orang-orang kasih donasi malah sampah orang gila itu,” kata Tom Liwafa di awal video tersebut.

Setelah itu, Tom kemudian mengisi kardus-kardus yang ada di dekatnya dengan sejumlah uang pecahan seratus ribu yang digenggamnya sebelum akhirnya temannya menutup kardus mi instan tersebut. Setelah selesai diisi dengan uang, kardus tersebut yang bertuliskan "Entrepreneurs Versus Corona" ini kemudian dimasukkan ke dalam bagasi mobil sport mewahnya.

Tom Liwafa dan kawannya itu kemudian berkeliling memberikan bantuan tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan. Dalam video itu terlihat beberapa orang seperti pengemis yang menerima bantuan tersebut menangis tatkala dirinya membuka kardus mie dan melihat uang yang ada di dalamnya. 

“Ya Allah,” kata pengemis wanita itu sambil menangis melihat uang tersebut. 

Bukan hanya wanita pengemis itu saja, dua orang pengamen yang diberikan bantuan di dekat jembatan juga terharu dengan apa yang diberikan oleh Tom Liwafa dan teman-temannya. Tidak sampai di situ, seorang penyapu jalanan yang juga menerima bantuan Tom Liwafa juga terlihat sempat berjongkok seraya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikannya.

“Matursuwon mas (terima kasih),” kata penyapu jalanan yang juga terharu.

Pemberian bantuan juga diberikan kepada seorang tukang becak yang mengenakan jas hujan dari plastik. Dirinya juga terlihat kaget ketika membuka kardus mie yang di dalamnya terdapat sejumlah uang. 

Di akhir video terlihat Tom menyoroti wajahnya yang nampaknya senang telah membagikan sejumlah bantuan. Dalam akun instagramnya dijelaskan bahwa bantuan yang diberikannya saat itu merupakan 50 persen dari dana pribadi 50 persen dari uang donasi komunitas entrepreneur versus corona. 

Dalam akun instagramnya Tom Liwafa berharap agar apa yang dilakukannya itu bisa dicontoh oleh masyarakat luas.

“Semoga kebaikan ini menular! Mau dibilang riak silahkan, yang penting kita tulus dalam hati memang pengen sumbang,” tulisnya dalam caption video yang diunggahnya itu. 

Sebelumnya Tom Liwafa bersama komunitas tersebut juga terlihat memberikan bantuan donasi sejumlah bantuan sembako kepada masyarakat di wilayah Surabaya.