Waspadai Angin Kencang Hingga Gelombang Tinggi Hari ini di Indonesia

Tiang listrik roboh akibat hujan intensitas tinggi dan angin kencang
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca pada  Kamis, 14 Mei 2020. Dari situs bmkg.go.id terlihat beberapa wilayah akan cerah. 

Wilayah yang diperkirakan akan cerah Aceh, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Tetapi, Peringatan dini juga disampaikan BMKG pada beberapa wilayah di Indonesia yang diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi dan angin kencang. 

Berikut wilayah di Indonesia yang mendapat peringatan dini dari BMKG:

Bali

Waspadai potensi angin kencang dan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Bangka Belitung

Waspada potensi hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Selatan dan Belitung. 

Bengkulu

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah kabupaten Mukomuko, Lebong, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan dan Kaur. Waspada gelombang laut tinggi sampai 3,5 M di Perairan Bengkulu, 4 M di Perairan Enggano dan sampai 5 M di Perairan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Yogyakarta

Waspada potensi gelombang tinggi di Perairan Selatan Yogyakarta.

Jambi

Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Merangin, Kerinci dan Kota Sungai Penuh pada sore dan malam hari.

Jawa Barat

Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dalam durasi singkat pada siang hingga menjelang malam hari di wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Karawang selatan, Subang selatan, Bandung utara, Purwakarta.

Jawa Tengah

Waspada gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Tengah.

Jawa Timur

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang sampai sore hari di wilayah Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Banyuwangi. Malam hari di wilayah Kab. Pasuruan.

Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan yang disertai petir atau kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kabupaten atau Kota Pontianak, Kubu Raya, Sintang, Ketapang, Kayong Utara, Landak dan Kapuas Hulu. 

Kalimantan Selatan

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bumbu Dan Kotabaru. 

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Gunung Mas, Katingan, Pulang Pisau, Kapuas, Kota Palangka Raya dan sekitarnya. Waspada adanya pertumbuhan awan konvektif (awan Cumulonimbus) yang dapat berpotensi hujan sedang hingga lebat, dan menimbulkan angin kencang, serta menambah tinggi gelombang diwilayah Pesisir Selatan Kalimantan Tengah.

Kalimantan Timur

Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Tabang dan Muara Wahau pada malam hari.

Kalimantan Utara

Waspada potensi hujan sedang-lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang sesaat pada malam-dini hari diwilayah Sungai Boh, Kayan Hilir, Peso. 

Kepulauan Riau

Waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir di wilayah Batam, Tanjung Pinang, Bintan, Tanjung Balai Karimun dan Lingga.

Lampung

Waspada potensi hujan lebat dan dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Lampura, Tanggamus, Way Kanan, Lambar, Pringsewu, Pesawaran, Balam, Lamsel, Lamtim, Lamteng, Tuba pada sore dan malam hari.

Maluku

Hujan sedang hingga lebat berpeluang terjadi di Kota Ambon, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya. Waspada gelombang tinggi 2,5 - 4 meter berpeluang terjadi di Laut Arafuru.

Nusa Tenggara Barat

Waspadai potensi hujan sedang yang disertai petir atau guntur dan angin kencang di sebagian wilayah Lombok Utara, Lombok Timur, dan Bima pada siang hingga sore hari serta Waspadai tinggi gelombang yang mencapai lebih dari 2 m di Selat Lombok bag. utara dan selatan, Selat Alas bag. selatan, Samudera Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bag. selatan. 

Nusa Tenggara Timur

Waspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Perairan NTT Waspadai potensi angin kencang sesaat di wilayah P. Timor, P. Rote,P. Sabu dan P. Sumba. Waspadai potensi angin kencang sesaat dan petir pada saat terjadi hujan lokal. 

Papua

Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Timika, Agats, Oksibil.

Papua Barat

Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sertai petir di wilayah Kumurkek, Aitinyo, Aifat utara, Kebar, Moskona Barat, dan Moskona timur.

Riau

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir terjadi di sebagian wilayah Kab. Kuantan Singingi, Kab. Kampar, dan Kab. Indragiri Hilir pada siang atau sore hari. 

Sulawesi Barat

Waspada potensi angin kencang mencapai 40 km per jam di wilayah Kab. Majene dan Polewali pada siang dan dini hari. Potensi angin kencang mencapai 50 km per jam di wilayah Kab. Majene pada malam hari.

Sulawesi Selatan

Moderate Sea Gelombang 1,25-2,5 m terjadi di Selat Makassar bag. Selatan, Perairan Spermonde Makassar bag. Barat, Perairan barat Kep. Selayar, Perairan Kep. Sabalana,Perairan timur Kep. Selayar dan Laut Flores bag. Timur.

Sulawesi Tengah

Berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada Siang dan Sore hari di wilayah Kabupaten atau Kota : Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Morowali, Morowali Utara, Banggai.

Sumatera Barat

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat pada sore -malam hari di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Padang Panjang, Solok Selatan, Pesisir Selatan dan sekitarnya.

Sumatera Utara

Waspada hujan lebat disertai guntur di pegunungan dan lereng timur yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir. 

Sumatera Selatan

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang hingga sore hari di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Pagar Alam.

Baca: Anies Diingatkan Efek Fatal Jika Paksakan Pergub PSBB