Jokowi Lantik KSAL-KSAU Baru

Jokowi lantik KSAU dan KSAL baru
Sumber :
  • YouTube Indonesia Maju

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru pada Rabu, 20 Mei 2020, di Jakarta.

Baca : Hari Kebangkitan Nasional Diwarnai #JokowiKingOfPrank

Pelantikan di Istana Negara dilakukan dengan protokol kesehatan pandemi Corona COVID-19. Presiden Joko Widodo, kedua KSAU dan KSAL baru serta para tamu lain mengenakan masker.

Marsekal Madya Fadjar Prasetyo menjadi KSAU yang baru menggantikan Marsekal Yuyu Sutrisna. Sedangkan Yudo Margono dilantik menjadi KSAL menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sulurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Fadjar dan Yudo membacakan sumpah.

Dengan pelantikan ini, pangkat keduanya juga sekaligus naik satu tingkat. Yudo Margono naik menjadi laksamana. Kemudian Fadjar Prasetyo pangkatnya menjadi marsekal.

Sebelum ini, keduanya sama-sama berada di Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan). Sementara Yudo juga belakangan banyak tampil di media karena bekerja di rumah sakit khusus COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Habib Bahar Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan Selasa Malam