Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Meski Idul Fitri, Operasi Turunkan Hujan tetap Lanjut

Senin, 25 Mei 2020 | 23:14 WIB
Foto :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Alat Untuk Modifikasi Cuaca

VIVA – Operasi modifikasi cuaca menurunkan hujan untuk mencegah kebakaran hutan di Provinsi Riau tetap dilaksanakan pada dua hari Lebaran, 24-25 Mei 2020. Sejak operasi ini dilakukan pada 12 Mei 2020, total volume air hujan dihasilkan dari operasi tersebut sudah mencapai 33,8 juta meter kubik.

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca-Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (TMC-BPPT), Tri Handoko Seto, mengatakan, operasi ini tetap jalan terus karena potensi awan yang harus dioptimalkan.

Baca Juga

"Kami pantau melalui radar secara near realtime setiap hari, sehingga diambil keputusan dilaksanakan penyemaian awan atau tidak, saat itu juga," kata Tri Handoko, keterangan tertulisnya, Senin 25 Mei 2020. 

Hari ini, ujar Tri Handoko, tim TMC melaksanakan satu sorti penerbangan di wilayah Pelalawan, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir. Sedangkan, di hari pertama Idul Fitri, Minggu 24 Mei 2020, dikatakannya, telah dilakukan satu sorti penerbangan penyemaian awan di wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, dan Kepulauan Meranti.

Secara keseluruhan, berdasarkan hasil pantauan satelit TRMM (Tropical Rainfall Measuring Missing) selama operasi TMC berlangsung pada 13-23 Mei 2020, hujan turun merata di seluruh Provinsi Riau. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler