Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 28 Mei 2020 | 13:25 WIB

MUI Perbolehkan Kawasan Bebas COVID-19 Gelar Salat Jumat Berjamaah

Team VIVA »
Lutfi Dwi Puji Astuti
Ahmad Farhan Faris
Foto :
  • Diki Hidayat
Ilustrasi salat berjamaah.

VIVA – Majelis Ulama Indonesia  atau MUI,  memperbolehkan salat jumat untuk dilakukan kembali secara berjamaah di masjid. izin salat jumat berjamaah ini diperbolehkan untuk kawasan yang sudah terkendali dalam penanganan pencegahan penyebaran virus corona COVID-19

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengatakan kawasan yang sudah terkendali bagi umat Islam punya kewajiban untuk melaksanakan Salat Jumat berjamaah. Menurut dia, dengan kondisi ini berarti sudah tidak ada lagi uzur syar’i yang menggugurkan kewajiban Salat Jumat.

Baca Juga

“Karenanya, berdasarkan kondisi faktual yang dijelaskan ahli kompeten dan kredibel, umat Islam yang berada di kawasan yang sudah terkendali wajib melaksanakan Salah Jumat. Pemerintah wajib menjamin pelaksanaannya,” kata Niam melalui keterangannya pada Kamis, 28 Mei 2020.

Apalagi, kata dia, kawasan yang sama sekali tidak ada penularan dan terkendali sejak awal. Menurut dia, ada 110 kabupaten dan kota terdiri dari 87 wilayah daratan dan 23 wilayah kepulauan yang belum ada kasus positif COVID-19.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler