Simak 10 Tips dan Trik Lulus UTBK-SBMPTN 2020

UTBK - SBMPTN
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 telah resmi dibuka masa pendaftarannya. Dan sederet persiapan pun perlu dioptimalkan bagi calon peserta sebelum hari pelaksanaan seleksi digelar.

Dengan masih merebaknya wabah corona saat ini, maka para peserta seleksi punya kesempatan untuk benar-benar mempersiapkan diri di rumah sebab tak diganggu oleh kegiatan di luar rumah.

Kelompok ujian pada UTBK 2020 pun hanya terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok ujian Saintek dan Soshum dari yang sebelumnya ada kelompok ujian campuran.

Baca juga: Wargenet Kecewa dengan Jokowi Trendingkan #BonekaPerampokRakyat

Sementara itu, untuk jadwal dari agenda seleksi adalah sebagai berikut:

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020: 2-20 Juni 2020
Pelaksanaan UTBK: 5-12 Juli 2020
Pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2020: 25 Juli 2020

Lalu aspek apa sajakah yang wajib dipersiapkan para calon peserta menatap proses seleksi tersebut?

Berikut sederet trik menyiasati persiapan jelang seleksi SBMPTN seperti yang lansir Mamikos dan Ruangguru:

1. Lengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran dengan memperhatikan betul peraturan yang berlaku, baik yang bersifat dokumen atau kelengkapan lainnya.

2. Jeli dalam menentukan pilihan jurusan. Peserta harus memahami dan mengerti betul pilihan jurusan yang dibidiknya, baik sesuai peringkat maupun rasio peminatnya.

3. Usahakan ketiga pilihan berada dalam jurusan yang sama, dan pilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat. Saat memilih jurusan tersebut pada ketiga pilihan, usahakan kamu harus mencantumkan jurusan yang sama walaupun universitasnya berbeda. Selain itu, memilih jurusan jangan hanya menilai dari prospek kerja maupun gaji saat lulus kuliah saja tapi kenali potensi diri dengan jurusan yang dibidik.

4. Perdalam wawasan dan pengetahuan calon peserta tentang seluk-beluk sistem penilaian, tata tertib pelaksanaan seleksi serta pola soal-soal yang diprediksi bisa muncul dalam seleksi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Catat, Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos Tunai

5. Manfaatkan keuntungan di balik sistem penilaian yang baru. Penilaian SBMPTN akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kamu tidak perlu khawatir jika mendapat poin minus saat salah mengerjakan soal. Namun, hal tersebut dilihat dari tingkat kesulitan soal, dan tentu kamu harus mampu mengerjakan soal yang sulit untuk mendapat poin tinggi.

6. Mempersiapkan fisik dan menjaga kesehatan. Pelaksanaan UTBK tentunya membuatmu harus bisa tahan di depan layar komputer selama ujian berlangsung. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik dan kesehatanmu agar dapat mengerjakan tiap soal dengan maksimal.

7. Mengatur jadwal belajar. Pastikan belajar maksimal di jam-jam mood terbaik kamu, dan itu pasti akan diserap otak lebih baik dibanding waktu yang non-prime. Ini ilmiah ya kalau jam prime time saya misalnya adalah subuh dari jam 5 sampai jam 9 pagi, setelah itu kamu akan mengantuk dan lemes.

8. Belajar melalui video yang ada di internet. Kamu wajib banget belajar bersama di beberapa komunitas belajar online di jejaring internet. Penjelasan materi-materi itu cukup mudah dipahami lantaran disampaikan oleh tutor-tutor ciamik nan kece punya. Jadi, kamu akan memiliki pengalaman belajar yang cukup cepat dan maksimal.

9. Mengerjakan soal dengan pelan-pelan. Meski proses seleksi ada batas waktu pengerjaannya, jangan kerjakan soal terburu-buru. biasakan diri untuk mengerjakan soal dengan perlahan namun bisa mengatur waktu sehingga kamu semua soal bisa selesai tepat waktu. Selain itu, biasakan untuk memastikan diri jawaban yang tepat sebelum memilih jawaban di layar komputer dan jangan sampai kamu salah pilih jawaban, karena terburu-buru dan panik terkejar waktu.

10. Selalu berdoa. Di balik usaha yang maksimal, ada kemurahan Tuhan yang akan mengabulkan keinginan kita. Jika pun sampai gagal, bukan berarti kita harus pesimis, tetapi ini adalah pengingat bahwa mungkin pilihan tersebut bukanlah pilihan yang terbaik untuk dijalani.