Waspada, Sembilan Pedagang Pasar di Jakarta Positif COVID-19

Operasi Pasar, Tekan Panic Buying Akibat Covid-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sembilan pedagang di Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat dinyatakan positif COVID-19 usai mengikuti tes cepat atau rapid test pada beberapa waktu lalu.

Dokter Buana, kepala Puskesmas Kemayoran saat dihubungi mengatakan, sembilan dari 180 orang yang menjalani pemeriksaan dinyatakan positif COVID-19. Menurutnya, mereka cukup patuh mengikuti instruksi dari Puskesmas Kecamatan Kemayoran usai mengetahui kondisi kesehatannya yang terpapar COVID-19.

"Langsung kami minta mereka untuk isolasi mandiri. Alhamdulillah, mereka cukup patuh mengikuti arahan dari kami," kata Buana. 

Kemudian, para medis juga melakukan pemeriksaan terhadap seluruh anggota keluarga dan orang-orang sekitar yang berinteraksi dengan para pasien yang baru dinyatakan positif COVID-19 ini. 

"Kami lakukan pemeriksaan juga ke anggota keluarga hingga tetangganya. Itu mereka yang berinteraksi dengan kasus positif, kita lacak juga," ucap Buana.

Sebelumnya, pada pekan lalu, Rabu 3 Juni 2020 Kelurahan Serdang melaksakan kegiatan tes cepat karena salah satu pedagang pasar tersebut dinyatakan positif COVID-19. Pemeriksaan yang dilakukan di Gedung Gelanggang Remaja Kemayoran ini diselenggarakan oleh tenaga medis dari Puskesmas Kemayoran.

Sementara itu, Lurah Serdang Rizka menyampaikan, bahwa satu pedagang pertama yang diketahui positif COVID-19 itu dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Hasil pemeriksaan tes cepat itu, 171 orang dari total 180 orang nonreaktif dan sembilan orang harus menjalani pemeriksaan lanjutan, lalu dinyatakan positif COVID-19.

Sementara itu, DKI Jakarta telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi sejak Senin, 8 Juni 2020. Gubernur DKI, Anies Baswedan pun sempat memantau pelaksanaannya.

Baca juga: Waduh, Roy Martin Ditemukan Tewas Mengambang di Kali