John Kei Sudah Rencanakan Bunuh Nus Kei, Terungkap Lewat Hape

Kronologi penyerangan kelompok John Kei
Sumber :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

VIVA – Penyerangan oleh kelompok Jhon Kei di Perumahan Green Lake City, Cluster Australia, Cipindoh, Tangerang, ternyata terkait sengketa tanah untuk pembangunan rumah sakit di Kota Ambon. Penyerangan terjadi di rumah milik Agrapinus Rumatora atau Nus Kei atas perintah Jhon Kei.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana di Mapolda Metro Jaya, Senin, 22 Juni 2020, mengungkap kalau John Refra Kei alias John Kei telah merencanakan pembunuhan terhadap Nus Kei dan anggota Nus Kei berinisial ER. John Kei lantas memerintahkan anak buahnya. Perintah John Kei tersebut terungkap setelah polisi memeriksa ponsel anak buah John Kei.

Baca juga: Pembebasan Bersyarat John Kei Terancam Dicabut

"Kami membuka telepon genggam pelaku ini, di mana ada perintah dari John Kei ke anggotanya. Indikator dari pemufakatan jahat adanya perencanaan pembunuhan terhadap Nus kei dan ER atau YDR," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana.

Sebelum aksi ini, Nus Kei menyampaikan bahwa sebelum aksi perusakan dilakukan, pada April 2020 Jhon Kei dan anak buahnya telah melakukan survey untuk mencari rumah tempat yang baru yang ditinggali Nus Kei. 

Jhon Kie dengan anak buahnya menggunakan mobil Honda Jazz warna merah dan ada dua mobil lainnya yang ikut melakukan survey. Mobil Cayla putih dan mobil fortuner hitam dengan nomor polisi yang selalu diganti.

Semula Rumah Nus Kei tidak jauh dengan tempat tinggal Jhon Kei di Perumahan Titian Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat. Setelah terjadi perselisihan, Nus Kei kemudian pindah ke perumahan Green Prima Bintara Kota Bekasi, hingga lebih kurang 3 tahun.

Tapi setelah itu, Jhon Kei mengetahui tempat tinggal Nus Kei melakukan terror kembali kepada Nus Kei dan keluarga. Kemudian dia dan keluarga pindah lagi ke perumahan greenlake cluster Australia lebih kurang 2 tahun. Lalu akhirnya terjadi peristiwa perusakan itu. 

Setelah Jhon Kei mengetahui rumah Nus Kei, Jhon Kei dan anak buahnya beberapa kali mengamati rumah Nus Kie hingga akhirnya terjadi peristiwa pengerusakan pada hari Minggu kemarin. 

Selain memerintahkan membunuh Nus Kei dan ER, anak buah John Kei terlebih dulu melemparkan ancaman melalui pesan singkat. ER pun akhirnya dilaporkan tewas dibacok saat diserang oleh anggota John Kei di daerah Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu kemarin, 21 Juni 2020, sekira pukul 11.30 WIB.

Akibat penyerangan tersebut, satu orang dilaporkan tewas dan satu orang terluka disabet senjata tajam. Pada hari yang sama, selain melakukan penyerangan di Cengkareng, kelompok John Kei juga menyerang kawasan Green Lake City di Tangerang Kota. Akibatnya, dua orang dilaporkan terluka.

"Penganiayaan diduga dilakukan oleh kelompok John Kei, berjumlah 5 sampai 7 orang terhadap kelompok Nus Kei yang terjadi di wilayah Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Satu orang meninggal dunia atas nama ER, yang bersangkutan meninggal karena luka bacok di beberapa tempat," katanya.

Sebelumnya diberitakan, polisi melakukan penggerebekan terhadap kelompok John Kei di perumahan Taman Titian Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu malam, 21 Juni 2020. Sebanyak 25 orang diamankan. Penggerebekan ini terkait aksi penyerangan di Green Lake City, Kota Tangerang dan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. 

Baca juga: Penyerangan Kelompok John Kei, Ancam Tembak Perempuan