Sebelum Aktivitas, Cek Ramalan Cuaca Hari Ini dan Peringatan Dini BMKG

Foto udara kawasan gedung pencakar langit di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika kembali mengabarkan info terkini prakiraan cuaca untuk sebagian besar wilayah di Indonesia. Tak cuma itu, peringatan dini untuk sejumlah daerah di Indonesia juga dikabarkan. Buat kalian yang ingin beraktivitas hari ini, Rabu, 24 Juni 2020, ada baiknya simak info peringatan dini dan prakiraan cuaca hari ini dari BMKG.

Lewat situs dan juga Instagramnya, BMKG mangabarkan, kondisi cuaca Sumatera hari ini diprediksi secara umum cerah berawan hingga hujan ringan, namun Babel berpotensi hujan sedang. Untuk Pulau Jawa, BMKG memprediksi, secara umum cerah berawan hingga hujan ringan namun sebagian Jawa Tengah bagian selatan berpotensi hujan sedang hingga lebat. 

Sementara Kalimantan, secara umum berawan hingga hujan ringan namun Kalbar, Kalteng, Kaltim dan Kaltara berpotensi hujan sedang hingga lebat. 

Baca Juga: Kocak, Komika Mongol Minta Pemerintah Bikin Masker Khusus Hidung Pesek

Untuk Sulawesi, BMKG juga menginformasikan cuaca secara umum berawan hingga hujan ringan, namun sebagian Sulteng dan Sulbar, Sulut dan Gorontalo bepotensi hujan sedang hingga lebat. 

Bali, NTB, NTT diinfokan secara umum berawan. Dan untuk Maluku juga Papua secara umum cuaca hari ini berawan hingga hujan ringan. Namun, sebagian Maluku Uatara, Papua Barat dan Papua berpotensi hujan sedang hingga lebat. 

Khusus Jabodetabek, secara umum diprediksi berawan hingga hujan ringan. Namun bogor berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Selain mengabarkan soal cuaca hari ini, BMKG juga memberikan informasi peringatan dini. Untuk Bangka Belitung, warga diminta waspada potensi hujan lebat disertai petir.

Waspada juga untuk Perairan Utara Sabang, Aceh, diprediksi akan terjadi gelombang laut tinggi mencapai 3 meter lebih. Untuk Bali, warga juga diminta waspada gelombang laut tinggi mencapai 2 meter lebih di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudera Hindia Selatan Bali. 

Pandeglang Banteng bagian selatan juga diinfokan BMKG agar waspada dengan gelombang tinggi di perairan Selatan Banteng, Selat Sunda bagian Sleatan dan Samudera Hindia Selatan Banten.