Selamat Ulang Tahun Mas Menteri Nadiem Makarim Ke-36

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim
Sumber :
  • Twitter/@Kemdikbud_RI

VIVA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim atau akrab disapa Nadiem Makarim, hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-36. Ucapan ulang tahun dan harapan pun berdatangan dari berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat lewat media sosial.

"Selamat ulang tahun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Mas Nadiem Anwar Makarim. Semoga selalu diberikan keberkahan dan kesehatan dalam menjalankan tugas," tulis unggahan di akun Instagram resmi Sekretariat Kabinet, Sabtu 4 Juli 2020.

Nadiem Makarim atau yang lebih dikenal dengan panggilan Nadiem, lahir di Jakarta 4 Juli 1984 dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie. Ia adalah anak lelaki satu satunya dari pengacara ternama keturunan Arab asal Pekalongan, Jawa Tengah, Nono Anwar Makarim. Ayahnya seorang intelektual dan lawyer dengan gelar Doktor ilmu hukum lulusan Harvard.

Baca Juga: Polisi Cari Tahu Identitas 3 Emak-emak TikTok-an di Jembatan Suramadu

Meski Nadiem adalah anak bungsu dari 3 bersaudara, ia tidak berperilaku manja. Justru ia tetap menunjukkan kemandiriannya. Setelah meluluskan jenjang pendidikan dasar dan menengahnya di Jakarta, ia melanjutkan SMA- nya di Singapura. Bahkan tak hanya di situ kemandiriannya, lulus dari Singapura, ia pergi ke Amerika untuk melanjutkan pendidikannya di Brown University Amerika Serikat.

Ia berhasil mendapat gelar BA di jurusan International Relations. Ia pun sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. Tidak puas dengan ilmu yang dimiliki, ia melanjutkan pendidikan layaknya sang ayah dan mengambil masternya di Harvard Business School dan mendapatkan gelar MBA (Master of Business Administration).

Bermula dari pengalaman pribadinya kembali ke Jakarta untuk bekerja yang mempertemukan dirinya dengan kemacetan dan dengan jiwa enterpreneurshipnya itulah, pada 2011, ia mulai merintis perusahaan milik sendiri yang kemudian dikenal dengan nama GO-JEK, pesan ojek secara online.

Berkat kesuksesannya itu, kini Nadiem dipercayakan untuk menduduki posisi penting di pemerintahan. Jiwa muda dan pengalamannya membangun perusahaan, membawa angin segar bagi dunia pendidikan Tanah Air. "Met ultah Mas Menteri Pendidikan, kalau corona sdh bisa dikendalikan usulan permanen sekolah jarak jauh tolong dipertimbangkan lagi, gak semua anak Indonesia ortunya dirumah aja dan gak semua ortu bisa beli paketan kuota untuk belajar anak"nya, biarkan mereka mengecap perjalanan hidupnya secara nyata bukan online trs, hidup nyata bukan maya," tulis komentar warganet @danielcatur73 di Instagram @sekretariat.kabinet.

Baca Juga: Bukan Cuma Manula, Ngompol di Celana Juga Bisa Dialami Usia Produktif

"Happy birthday mas Mentri, baru dpt pelatihan tentang merdeka belajar, wah mantap banget.
Sangat berbeda dan fleksibel baik untuk siswa maupun guru dalam belajar...
Mantap, saya sangat bersemangat,
" tulis @rahmaningsih_

"Semoga Alloh SWT memberikan kesehatan panjang umur serta kesabaran dalam mendidik generasi bangsa dengan membuat terobosan digital demi anak dan cucu generasi Indonesia selamat panjang umur sehat murah Rizki pak Nadiem menteri pendidikan indonesia," ujar @om.zain.58.