Jatuh dari Kuda, Turis Arab Saudi di Bali Terjebak di Dasar Tebing

Turis Arab Saudi terjatuh dari kuda saat tengah diselamatkan tim SAR Bali.
Sumber :
  • VIVAnews/Bobby Andalan

VIVA – Kantor Pertolongan dan Pencarian Denpasar (Basarnas Bali) harus bekerja keras mengevakuasi seorang turis asal Arab Saudi bernama Ghada Hamad A Binyousef. Pria 41 tahun itu terjatuh dari kuda di dasar tebing Pantai Nyang Nyang, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, Jumat malam 23 Agustus 2019.

"Kecelakaan tersebut mengakibatkan korban mengalami cidera tulang belakang. Kami menerima laporan pada pukul 19.30 WITA dan segera ditindaklanjuti dengan mengirimkan tim rescue menuju lokasi. Sekitar pukul 20.15 WITA tim sampai di Pantai Nyang Nyang," kata Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Bali, I Made Junetra.

Menurut Junetra, Hamad tengah menikmati wisata berkuda yang lokasinya berada di dasar tebing Pantai Nyang Nyang. Peristiwa naas menimpanya karena keseimbangan badannya tak bagus. Korban pun terjstuh dari kuda yang ditungganginya.

Proses evakuasi sendiri berjalan cukup sulit, lantaran medan yang terjal. Apalagi harus membawa korban dari dasar tebing yang mengalami cedera tulang belakang.

"Tidak bisa sembarangan asal menggotong saja, dikhawatirkan akan memperparah cederanya. Maka dari itu perlu penanganan khusus," kata Junetra.

"Karena dicurigai korban alami cidera tulang belakang, dilakukan lah penanganan awal secara hati-hati untuk mengurangi pergerakan pada bagian yang cedera," jelas Junetra.

Butuh waktu 30 menit untuk memberikan pertolongan awal terhadap korban. Setelah pertolongan pertama diberikan, korban berhasil dievakuasi hingga ke atas tebing dalam kondisi selamat.

Selanjutnya korban dibawa ke RS BIMC Nusa Dua untuk tindakan medis lebih lanjut. (ren)