Masinton: Pansel Sudah Bekerja dengan Baik

Masinton Datangi KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVAnews - Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Masinton Pasaribu menilai Pansel Capim KPK sudah melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik.

Berbagai macam kritik yang datang ke Pansel Capim KPK, ia harapkan, tidak mempengaruhi tolak ukur Pansel dalam merekomendasikan 10 nama ke Presiden Jokowi.

“Semua masyarakat kan sangat ingin KPK terus berjalan dan menjadi lebih baik lagi. Kritik itu biasa, anggap saja suplemen agar Pansel lebih teliti bekerja, jalan terus saja sesuai dengan aturan yang ada,” tegas Masinton saat dihubungi, Senin 2 September 2019.

Ia juga berharap, nantinya pimpinan KPK yang terpilih dapat melaksanakan tugas-tugas dan juga amanah dari masyarakat untuk benar-benar memberantas korupsi. Melakukan pencegahan sebaik mungkin dan juga bisa menyehatkan KPK.

Seperti diketahui, dari 20 nama yang lolos seleksi dari berbagai ujian yang dilaksanakan, terdiri dari berbagai unsur. Baik itu unsur Kejaksaan, Kepolisian, lawyer, dan akademisi, serta PNS. Dari kepolisian ada Firli Bahuri.

Panitia Seleksi Capim KPK Jilid V yang diketuai Yenti Ganarsih akhirnya memberikan 10 peserta yang lolos seleksi kepada Presiden. Setelah ditetapkan Presiden, 10 nama tersebut akan diajukan kepada Komisi III DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan, sampai akhirnya dipilih menjadi lima orang Pimpinan KPK jilid V.

10 nama yang diserahkan Pansel ke Presiden, yakni:

1. Alexander Marwata (KPK)
2. Firli Bahuri (Polri)
3. I Nyoman Wara (Jaksa)
4. Jihanis Tanak (Jaksa)
5. Lili Pintauli Siregar (advokat)
6. Luthfi Jayadi Kurniawan (Dosen)
7. Nawawi Pomolangi (Hakim)
8. Nurul Ghufron (Dosen)
9. Roby Arya B (PNS Sekretariat Kabinet)
10. Sigit Danang Joyo (PNS Kemenkeu)