Jemaah Haji Kloter 1 Asal Aceh Tiba di Tanah Rencong

Jemaah haji kloter pertama yang tiba di Aceh.
Sumber :
  • VIVAnews/ Dani.

VIVAnews - Sebanyak 392 jemaah haji kloter 1 embarkasi Aceh tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pada Selasa, 3 September 2019 pada pukul 16:30 WIB. Dalam kloter ini, satu jemaah haji meninggal di tanah suci sebelum pulang ke tanah air.

Pantauan VIVAnews, setelah pesawat mendarat, petugas imigrasi masuk ke dalam pesawat dan mengambil paspor jemaah. Setelah proses selesai, satu per satu jemaah turun dari pesawat. Para jemaah selanjutnya masuk ke dalam bus yang menunggu sekitar tiga meter dari tangga pesawat.

Jemaah haji yang tiba itu, tak tahan menahan haru. Mereka ada yang berdoa ada pula yang langsung sujud syukur. Jemaah kloter pertama ini yaitu gabungan dari Kabupaten Aceh Utara, Pidie Jaya, Pidie dan Kota Sabang.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Aceh, Daud Pakeh mengatakan, setelah tiba para jemaah diantar ke Asrama Haji, dan setelah itu langsung pulang pada malam ini.

"Sedangkan jemaah dari Sabang kemungkinan besok karena harus pakai kapal laut," kata Daud Pakeh kepada wartawan di bandara.

Menurutnya, jemaah yang diberangkatkan dari kloter pertama ini berjumlah 393 jemaah. Namun satu orang wafat di Mekah, Arab Saudi. Untuk kondisi jemaah yang tiba di Aceh, kata dia tidak ada yang harus dirawat.

Pesawat yang tiba membawa jemaah kloter pertama ini sedikit telat dari jadwal sebelumnya. Dikarenakan bandara dari Madinah mengalami kepadatan. Namun, seluruh jemaah haji kloter berikutnya diperkirakan akan tiba di tanah air besok Rabu, 4 September 2019.

"Saat ini seluruh jemaah haji embarkasi Aceh sudah berada di Madinah. Untuk kloter kedua diperkirakan tiba di tanah air pada Rabu besok pagi," ujarnya. (ren)