Aktor Intelektual Kerusuhan Papua Merupakan Mantan Eks BEM Uncen

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA – Polisi menangkap FBK, orang yang diduga menjadi salah satu aktor intelektual kerusuhan di Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu. FBK diketahui merupakan mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Cendrawasih.

"FBK merupakan mantan ketua BEM Uncen yang menggerakkan massa di Jayapura," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 9 September 2019.

Tersangka FBK, katanya, ditangkap di Bandara Sentani, Jayapura, saat akan terbang ke Wamena. Namun tak dijelaskan untuk keperluan apa dia akan pergi ke Wamena.

Polisi menyebut FBK termasuk dalam kategori aktor intelektual yang menggerakkan beberapa tokoh yang tergabung dalam aliansi masyarakat Papua, baik yang ada di Jawa maupun lainnya yang terkoneksi di Papua, melalui tatap muka langsung atau media sosial.

"Peran tersangka dia menggerakkan dari sisi akar rumput kemudian menggerakkan dari aktor lapangan kerusuhan yang ada di Jayapura maupun di beberapa wilayah di Papua," ujar Dedi. [mus]