Panglima TNI Pamerkan Drone Tempur CH4 di Latihan Gabungan 2019

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • VIVAnews/Syaefullah

VIVA – Prajurit dari tiga matra Tentara Nasional Indonesia, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara melakukan kegiatan latihan gabungan 'Dharma Yudha 2019' di posko tinjau T12, Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Kamis 12 September 2019.

Pada latihan gabungan kali ini, TNI memperkenalkan alat drone tempur atau bersenjata. Drone yang dimaksud, berjenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) berjenis CH4.

"Bisa terbang dengan lama terbang bisa sampai 12 jam dan jangkauan radius of action-nya bisa sampai 1.000 kilometer, apabila kita menggunakan satelit BLOS (beyond line of sight)," kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di lokasi latihan.

Tentunya, drone ini mempunyai kecanggihan yang luar biasa dalam melakukan perlawanan dan pengintaian terhadap musuh di medan pertempuran.

"Fungsinya adalah untuk surveillance dan juga melaksanakan atttack. Serangan bisa menggunakan bom seperti yang kita laksanakan kemarin, kita menembak bom dari ketinggian 15.000 kak, dan kita rilis hasilnya sangat presisi," ujarnya.

Drone pada latihan gabungan ini akan dipamerkan juga di hadapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada hari ini.

"Pada waktu bapak Presiden hadir di tempat ini, kita saksikan adalah fire power demo rangkaian kegiatan yang dimanfaatkan dalam kegiatan Darma Yudha 2019, yang kita laksanakan tiga hari. Kita manfaatkan di sini, di depan bapak presiden," katanya.

Menurut dia, target dari latihan gabungan ini adalah meningkatkan profesionalisme prajurit ketiga matra dan meningkatkan kemampuan interoperability ketiga matra, karena untuk menyambung kemampuan itu perlu latihan.

"Kita juga pernah ketahui bahwa banyak peralatan kita yang masih menggunakan analog, dan untuk sistem network centric ini semua didukung untuk menggunakan digital," ujarnya.

Tentunya, Panglima TNI berpesan kepada para prajurit dari tiga matra untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, dan siap melaksanakan tugas apabila sewaktu-waktu diperintahkan. (asp)