Adrie Subono Ceritakan Sosok Romantis BJ Habibie

BJ Habibie dan sang istri tercinta, Ainun Habibie, semasa hidup.
Sumber :
  • Twitter.

VIVA – Keponakan Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Adrie Subono menceritakan begitu besar cinta pamannya itu terhadap istrinya, Ainun Habibie.

Adrie mengatakan, Habibie sangat kehilangan sosok Ainun, saat sang istri meninggal sembilan tahun yang lalu. 

"Kadang, Pak Habibie bermanja dengan ibu dan ibu senang meladeninya. Jadi, seperti sangat bergantung begitu, tetapi dalam artian positif. Beliau tunjukkan bagaimana kita harus treat seorang istri," kata Adrie dalam acara Mengenang Habibie di tvOne, Kamis malam, 12 September 2019. 

Sepeninggalan Ainun, Adrie mengatakan, pamannya itu beberapa kali suka bertanya ketika sedang bersantai. "Mana ya Ainun?" kata Adrie, menirukan kebiasaan mendiang Habibie. Terkadang, Habibie bahkan sampai meneteskan air mata. 

Tak hanya itu, ketika sedang rindu dengan Ainun, Habibie biasa mencurahkannya dengan cara menuliskan puisi. Selendang milik Ibu Ainun yang berwarna putih pun seringkali dikenakan Habibie, agar merasakan kedekatan Ainun setiap waktu. 

"Bapak sangat kehilangan ibu Ainun. Tiap Jumat, biasanya Pak Habibie ke makam ibu. Kadang kalau beliau sedang keluar kota, dia selalu mengirim orang ke makam untuk mengganti bunga. Begitu besar cintanya," ujar Adrie. 

Adrie mengatakan, beberapa minggu terakhir ketika Habibie dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, kondisinya sempat membaik. Bahkan, ia juga terkadang duduk untuk bersantai untuk sarapan sebelum dirawat lagi. Namun, empat hari terakhir, kondisinya menurun.

"Kadang beliau semangat dan bereaksi, saat saya bisikkan cerita dengan Bahasa Jerman. Saya bilang 'Om, ini Adri, anak bandel'. Tangannya bergerak. Tapi sampai hari terakhir itu bapak mulai drop, sampai titik terakhir," ujarnya. (asp)