Candaan BJ Habibie Jadi Kenangan Artis Titiek Puspa

Aktris senior Titiek Puspa
Sumber :
  • VIVA/Laras Devi

VIVA – Sisi humoris mendiang Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, diungkap artis senior Titiek Puspa. Dia mengaku sudah kenal almarhum sebelum menjabat sebagai presiden.

Titiek menceritakan kenangan cerita lucu dengan Habibie, saat mereka menghadiri ulang tahun istri Ibnu Sutowo, tokoh militer Indonesia di era Presiden Soekarno.

"Setiap ulang tahun, Bapak Habibie datang karena sudah merasa seperti keluarga dengan keluarga Ibnu Sutowo. Waktu itu ibu (istri Ibnu Sutowo) sakit, sudah tidak pernah bicara, apalagi senyum dan ketawa. Waktu itu saya satu meja dengan Pak Habibie dan Ibu Ibnu," tutur Titiek, dalam acara Mengenang Habibie di tvOne, Kamis malam, 12 September 2019.

Saat itu Habibie mengajak Titiek dan istri Ibnu untuk bernyanyi. Lagu pilihannya adalah 'Burung Kakatua'. Saat itu Habibie bernyanyi namun di akhir lagu, ia mengubah lirik aslinya menjadi sebuah candaan.

"Kakek sudah tua, burungnya di jendela," kata Titiek menirukan nyanyian mendiang Habibie. Saat itu, istri Ibnu Sutowo yang sudah sangat jarang tertawa, sontak terbahak-bahak mendengar nyanyian Habibie.

"Pak Habibie itu bilang, 'Itu bukan burung saya. Burung saya tidak di jendela. Saya tidak tahu tapi burung saya tidak di jendela'. Itu kita semua tertawa sampai perutnya sakit," ujar Titiek terkenang momen tersebut.

Penyanyi dengan nama asli Sudarwati itu juga mengatakan sosok Habibie adalah orang yang spontan, dan mudah menemukan kata-kata. Sifatnya yang apa adanya membuat Habibie dikagumi banyak orang.

"Sebagai rakyat jelata, saya sangat kagum dan berterima kasih kepada beliau. Di Indonesia ada orang pintar seperti Pak Habibie. Beliau itu betul-betul hidup karena cintanya kepada negeri ini dan punya rasa tanggung jawab sebagai anak bangsa," ucap Titiek Puspa.