Gara-gara Kabut Asap, Tapir Langka Kena Perangkap

Tapir terjerat perangkap liar
Sumber :
  • VIVAnews / Bambang Irawan (Pekanbaru, Riau)

VIVA – Seekor tapir ditemukan terperangkap jeratan liar di hutan Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana, Bengkalis, Provinsi Riau, Jumat, 20 September 2019. Situasi sulit dihadapi satwa langka ketika wilayah tersebut diselimuti asap.

Saat ditemukan, kondisi kaki sebelah kanan terikat akibat jeratan tali. Sehingga tapir sulit bergerak untuk kembali ke habitatnya.

Beruntung kondisi yang dialami hewan ini diketahui oleh salah seorang warga yang melintasi di sekitar lokasi. Tidak berselang lama, kabar itu kemudian diberitahukan kepada aparat berwenang.

Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru, mengatakan sesaat setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung menurunkan tim ke lokasi penemuan dengan melibatkan tim medis.

"Begitu dapat informasi, kita langsung bergerak menuju lokasi untuk melakukan evakuasi bersama tim yang melibatkan tim medis juga," kata Heru menjawab VIVAnews, Sabtu, 21 September 2019.

Heru menambahkan, sehubungan dengan jarak tempuh yang cukup jauh, pihaknya berkoordinasi dengan Tim Resort Bukit Batu bersama Manggala Agni Daop Siak untuk dapat meninjau dan memberikan pertolongan pertama.

"Jadi kita berkoordinasi sehingga penanganan pertolongan pertama cepat dilakukan," ucap Heru.

Menurut keterangan medis, luka yang diakibatkan dari kejadian itu cukup serius. Sehingga butuh waktu untuk memberikan pertolongan pengobatan dan makanan terhadap hewan tersebut. (ase)