Sebagian Wilayah Riau Akhirnya Diguyur Hujan meski Sebentar 

Bandara Japura di Indragiri Hulu, Riau, diguyur hujan Senin, 23 September 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Bambang Irawan

VIVA – Lama ditunggu, sejumlah wilayah di Provinsi Riau akhirnya diguyur hujan, Senin 23 September 2019. Ini setelah Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan keadaan darurat pencemaran udara di Bumi Lancang Kuning.

Hujan turun dalam intensitas sedang di kawasan Kecamatan Tampan, Pekanbaru, pukul 16.17 WIB. Hujan beberapa menit itu membuat ruas jalan raya dan rumah penduduk basah. Banyak warga yang memanjatkan rasa syukur atas turunnya hujan meski sesaat.

Abas (35 tahun), salah satu karyawan di Pekanbaru, tetap berkendara meski hujan. Dia mensyukuri hujan itu karena sudah cukup lama tidak hujan. “Lagian hujannya tak lama tapi basah juga. Kebetulan rumah saya juga dekat sini," jawabnya.

Sementara itu di Kecamatan Tenayan Raya, hujan turun dengan rintik beberapa menit disertai udara angin yang begitu dingin. Hujan yang turun di kawasan lain juga dapat mengurangi jerebu akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Musim kemarau ditambah lagi asap pekat yang melanda wilayah Pekanbaru. Setidaknya hujan yang turun sejenak memberikan manfaat besar bagi manusia," kata Roni.

Sementara di Kabupaten Siak hujan sempat turun beberapa menit. Masyarakat tidak bisa membendung rasa bahagia karena kawasan itu telah lama tidak dibasahi hujan.

Hujan deras beberapa saat juga terjadi di Indragiri Hulu, Riau. Menurut salah seorang sumber mengatakan hujan turun dengan intensitas lebat. (ren)