Polri Tuding Benny Wenda di Balik Kerusuhan Papua

Kabiro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA – Polri menyatakan tokoh separatis Papua, Benny Wenda (BW) ada di balik kerusuhan yang terjadi di Abepura, Jayapura, Papua hari ini. Benny Wenda diduga menggerakkan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) untuk membuat situasi rusuh.

"Desain ini tidak luput dari peran BW. Tokoh KNPB (Komite Nasional Papua Barat). Mereka menggerakkan AMP guna memprovokasi masyarakat," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 23 September 2019.

Dedi pun menegaskan, pihaknya akan mengusut secara tuntas siapa provokator dalam kerusuhan ini.

Polri sebelumnya menyebut mahasiswa menduduki aula Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, diduga berniat memprovokasi. Mahasiswa yang menduduki aula ini disebut berasal dari mahasiswa eksodus dari kota studi di luar Papua.

"Yang Uncen dan Wamena beda, tapi indikasi keterkaitan didalami aparat. Yang di Uncen, permintaan rektor untuk aparat kepolisian melakukan nego dengan mahasiswa yang menduduki auditorium karena auditorium diduga digunakan untuk melakukan provokasi-provokasi mahasiswa dan itu mengganggu kegiatan belajar mengajar di universitas tersebut," ujar Dedi.

Atas permintaan rektor Uncen, polsi menertibkan sejumlah orang termasuk mahasiswa eksodus. "Alhamdulillah ini bisa diredam," kata Dedi. (ren)