Ratusan Warga Jawa Timur di Papua Dipulangkan dengan Hercules

Ratusan warga Jawa Timur yang bermukim dari Jayapura, Papua, dipulangkan dan tiba di Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh Malang, Rabu, 2 Oktober 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Lucky Aditya

VIVA – Gelombang pertama kepulangan warga Jawa Timur dari Jayapura, Papua, datang dan mendarat di Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh Malang, Rabu, 2 Oktober 2019. Mereka datang dengan diangkut pesawat TNI Angkatan Udara, C-130 Hercules.

Jumlah warga Jawa Timur pada gelombang pertama ini sebanyak 120 orang, terdiri dari 115 dewasa dan 5 anak-anak. Mereka datang disambut langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan beberapa kepala daerah di Jatim.

"Sebenarnya sudah tiga hari yang lalu, warga Jatim pulang dari Papua. Ada yang turun di Semarang, dan langsung ke Surabaya. Cuma di Malang ini jumlahnya lebih besar. Sesuai dengan kapasitas Hercules, kita ingin memberikan perlindungan evakuasi kepada terutama warga Jatim," kata Khofifah.

Setelah terbang hampir delapan jam dari Jayapura ke Malang, ratusan warga itu terlihat lega. Beberapa di antaranya bersujud syukur setiba di Malang. Rombongan ini berasal dari berbagai wilayah di Jatim, seperti Madura, Probolinggo, Lumajang, dan beberapa daerah di luar Jatim.

"Setelah mendarat mereka istirahat dulu sambil dilakukan pendataan di Bakorwil. Selanjutnya kita serahkan ke Dinas Sosial masing-masing daerah agar teradministrasi. Dan kita menyiapkan untuk mengantar mereka pulang ke daerah masing-masing," ujar Khofifah.

Pemprov Jatim bakal memproteksi warga Jatim di Papua karena mereka wajib mendapatkan keamanan. Setelah kepulangan warga Jatim dari Papua, Pemprov langsung berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk penanganan lanjutan.

"Siapa pun harus mendapatkan perlindungan keamanan dan mereka harus terproteksi. Kami (Pemprov) akan sama-sama koordinasi pasca-kepulangan mereka," ujarnya. (ren)