102 Pengungsi Kembali ke Wamena, Wiranto: TNI Polri Jamin Keamanan

Menkopolhukam Wiranto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • VIVAnews/ Aman Hasibuan (Papua)

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo kepada 102 orang pengungsi di Jayapura, yang bersedia kembali hari ini ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.   

Di hadapan ratusan pengungsi di Wamena dan Jayapura, Wiranto menyampaikan, agar masyarakat yang mengungsi tidak meninggalkan Wamena. Presiden Jokowi mengharapkan, hubungan dan persaudaraan pulih kembali, setelah adanya pemulihan keamanan di Wamena, serta terjadi kerukunan antarsesama masyarakat di sana.

“Semua pengungsi di sana, menyatakan siap kembali ke Wamena, kalau keamanan dijamin. Nah, Panglima TNI dan Kapolri sudah hadir di sana dan siap untuk menjamin keamanan di sana. Saya hari ini telah menemui saudara-saudara kita dari Wamena, yang sudah mengungsi ke Jayapura, dan sekarang ingin kembali ke Wamena,” ujar Wiranto, usai melepas pemulangan pengungsi tersebut dari Base OPS Lanud Silas Papare menggunakan pesawat Hercules, Rabu 9 Oktober 2019.

Wiranto berharap kepada masyarakat, setelah mereka kembali ke Wamena, bisa melanjutkan kehidupan yang lebih baik di sana.

“Kita harap, semua pengungsi ini bisa semua segera kembali ke Wamena. Kita semua percaya, kehidupan masyarakat di sana lebih baik lagi. Saya juga sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah kembali hari ini ke Wamena, untuk bersama-sama menjaga keamanan di sana,” katanya.

Menurut Wiranto, masyarakat pengungsi yang kembali ke Wamena ini akan menjadi pelopor untuk menjalani kehidupan bersama-sama masyarakat asli Papua, karena semua bersaudara.

Pada kesempatan itu, Wiranto menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat dan anak-anak yang kembali ke Wamena. “Mau naik apa nanti, naik hercules. Sudah berapa kali naik hercules. Dua kali ya,” ujar Wiranto.

Sementara itu, para pengungsi yang kembali ke Wamena ini menyampaikan terima kasih kepada TNI/Polri yang sudah membantu dan menyumbangkan Hercules untuk mengevakuasi mereka dari Wamena. (asp)