IFRC ke 6 Digelar, Kemenhub: Ajang Uji Skill Tangani Bencana Nasional

Kepala BPSDMP Umiyatun Hayati Triastuti membuka IFRC.
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) pada Kementerian Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti membuka secara resmi the 6th Indonesian Fire and Rescue Competition (IFRC), di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Pada kompetisi yang diikuti oleh 21 tim yang mayoritas berasal dari industri pertambangan dan mineral ini, diharapkan menjadi pelatihan, keahlian emergency response team. Selain itu sebagai edukasi tentang pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menangani bencana, terutama pada kebakaran dan kecelakaan pesawat.

Hal itu lantaran skill yang dikompetisikan berhubungan dengan tugas, dalam memberikan emergency respons pada saat terjadi incident dan accident. Kemudian bagaimana upaya penyelamatan dan penanganan lebih lanjut.

"IFRC ini juga menjadi ajang edukasi dan kesiapsiagaan bagi semua tim dengan memperkenalkan konsep penanganan bencana tingkat nasional dan internasional. Terutama soal bencana yang saat ini kita alami, seperti kebakaran hutan atau kecelakaan pesawat," kata Umiyatun.

Ajang ini untuk pertama kalinya diadakan di lingkungan sekolah terutama di STPI Curug. Terpilihnya STPI Curug sebagai tuan rumah ajang tersebut pun karena fasilitas lengkap yang dimiliki sekolah penerbangan itu.

Ketua STPI Curug, Capt. Novyanto Widadi menjelaskan, untuk pertama kalinya, ajang tersebut digelar di sekolah. Sebelumnya diadakan di medan berat wilayah pedalaman Indonesia.

"Biasanya itu di Kalimantan atau wilayah pedalaman lainnya. Tapi, kali ini diadakan di sini. Itu karena fasilitas lengkap yang ada di kami untuk mendukung delapan kategori dalam kompetisi tersebut," ujarnya.

Ajang yang digelar hingga 20 Oktober ini terdapat delapan cabang yakni, Water Rescue and High Angle Rescue, Structural Fire Fighting, Road Accident Rescue, Collapse Structure Search and Rescue, Firefighter Combat Challenge, Fire Fighter Competency Test, dan berbeda dari IFRC sebelumnya, tahun ini ditambahkan perlombaan Aircraft Rescue and Fire Fighting (ARFF).