Pelantikan Jokowi, TNI AD Kerahkan Seluruh Kekuatan

KSAD Jenderal Andika Perkasa
Sumber :
  • VIVAnews/AnwarSadat

VIVA – Minggu 20 Oktober 2019, Indonesia akan menggelar acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih untuk periode 2019-2024. Agenda ini akan dilaksanakan di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta Pusat.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan, TNI AD siap mengamankan jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019. TNI AD akan mengerahkan seluruh kekuatan agar acara tersebut berjalan lancar.

"Dalam pengamanan, TNI sebagai bagian keamanan, kami siapkan seluruh kekuatan. Tidak saja dari satuan tempur di seluruh Indonesia, tapi satuan teritorial dan badan pelaksana kita standby fokus di event besar ini," kata Andika di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 15 Oktober 2019.

Andika memerintahkan jajarannya untuk fokus pada operasi pengamanan event besar, seperti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Bahkan, Andika menambahkan TNI AD siap mengerahkan pasukan berapa pun jumlahnya yang dibutuhkan untuk pengamanan.

"Berapa pun yang diminta kita siap, tapi karena kita sudah minta semua satuan fokus kepada operasi pengamanan dalam menghadapi event minggu ini dan depan," katanya.

Sebelum jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI ini, kondisi keamanan di Indonesia banyak mendapatkan ancaman. Mulai dari kericuhan di Wamena, aksi mahasiswa yang berujung ricuh dan juga insiden penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.

Sejumlah pihak melihat adanya sederetan peristiwa tersebut sebagai upaya untuk membuat kondisi keamanan tidak stabil. Bahkan, ada yang menyebut juga untuk menggagalkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober nanti.