Polisi Pastikan Situasi di Penajam Paser Utara Sudah Kondusif

Lokasi Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara. Sepaku dan Samboja, Kutai Kartanegara akan menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Polisi memastikan situasi di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sudah kondusif. Bentrokan yang terjadi kemarin dipicu oleh perkelahian yang menyebabkan salah seorang warga tewas. 

"Situasi sekarang sudah kondusif," ujar Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Ade Yaya Suryana, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu malam 16 Oktober 2019.

Namun dia mengatakan, polisi tetap siaga guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Pihak Kepolisian pun telah berupaya menenangkan massa dan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat. Polisi mengimbau massa tak terpancing provokasi lagi. 

Polisi lanjut dia menegaskan, saat ini sudah mengamankan sosok pelaku yang membuat keluarga salah satu kelompok yang terlibat bentrok tewas.

"Pelaku sudah kita amankan," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, akibat bentrokan itu, pembakaran sempat terjadi terhadap sejumlah fasilitas di pelabuhan setempat. Aktivitas pelabuhan pun sempat lumpuh, dan juga terjadi perusakan fasilitas oleh massa.