Menteri Airlangga Dipanggil Lagi ke Istana Jelang Pengumuman Kabinet

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) di Bogor pada Maret 2018 lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Biropers-Muchlis

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar dan juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto turut dipanggil ke istana hari ini, Senin 21 Oktober 2019. Dia masuk melalui pintu depan Istana Merdeka dan tidak terpantau wartawan. 

Seperti diketahui sejumla tokoh profesional dan politik dipanggil ke Istana Merdeka menjelang pengumuman Kabinet Kerja jilid II Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Informasi yang diterima, Airlangga sudah berada di dalam Istana Merdeka. Namun tidak terpantau masuk. Kemungkinan melalui pintu Wisma Negara. 

Airlangga pada Kabinet Kerja adalah Menteri Perindustrian hasil revisi reshuffle 2016. Airlangga dikabarkan akan menjadi menteri koordinator perekonomian. Menteri koordinator perekonomian saat ini dijabat oleh Darmin Nasution. 

Seperti diketahui Airlangga Hartarto ditunjuk menjadi Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada perombakan Kabinet Kerja pada 27 Juli 2016. Pria berusia 57 tahun ini merupakan menteri dari Partai Golkar. 

Hingga kini, beberapa tokoh sudah menghadap Jokowi di Istana, seperti Mahfud MD, Nadiem Makarim, Wisnuthama, Erick Tohir. Mereka diisukan telah ditunjuk menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid II Jokowi-Ma'ruf Amin.

Kelima sosok ini sama-sama menggunakan kemeja putih saat datang ke Istana, yang diasumsikan sebagai ‘seragam wajib’ calon menteri Jokowi. (ren)